Saham JPFA PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dengan simbol saham JPFA, merupakan salah satu perusahaan pakan ternak yang terbesar di Indonesia. Perusahaan Japfa Comfeed Indonesia ini memiliki unit bisnis utama yang berfokus pada pembuatan pakan ternak, pembibitan ayam, pengolahan unggas, dan pembudidayaan pertanian.

Perusahaan Japfa juga memiliki peran penting bagi para petani dan pembudidaya di indonesia, dengan menyediakan berbagai produk-produk yang berkualitas unggul dengan biaya yang cukup terjangkau bagi konsumen di Indonesia.

PT Japfa Comfeed Indonesia didirikan pada pada tanggal 18 Januari tahun 1971 dengan nama awal perusahaan PT Java Pelletizing Factory, Ltd. Perusahaan ini mulai beroprasi memulai kegiatan komersil nya pada tahun 1971. PT Japfa meiliki kantor kantor pusat yang terletak di Wisma Millenia, Lt.7, Jl. MT. Haryono Kav. 16 Jakarta 12810, dengan pabrik berlokasi di Sidoarjo Jawa Timur, Tangerang, Banten, Cirebon Jawa Barat, Makasar Sulawesi Selatan, Lampung, Padang Sumatera Barat dan Bati-bati Kalimantan Selatan.

Bidang Usaha JPFA

Sektor: CONSUMER STAPLES
Sub Sektor: AGRICULTURAL PRODUCERS
Bidang Usaha Utama: CONSUMER PRODUCTS

Data dan Alamat Prusahaan JPFA

Alamat Kantor : WISMA MILLENIA lt. 7Jl. M.T. Haryono Kav. 16, Jakarta 12810, Indonesia
No. Telepon : (021) 285 45640 (hunting)
Faks : (021) 837 81041
Situs : www.japfacomfeed.co.id

Awal berkembangnya perusahaan Japfa Comfeed Indonesia dimulai pada tahun 1971. PT Japfa pertama kali didirikan sejak dengan nama PT Java Pelletizing Factory. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang didirikan secara Crowdfunding atau biasa disebut dengan patungan yang terjalin antara  PT Perusahaan Dagang & Industri Ometraco dan  International Graanhandel Thegra NV of the Netherlands.

Pada awalnya perusahaan PT Java Pelletizing Factory ini bergerak dalam industri produsen pelet atau pakan ternak sebagai produk utamanya. Sejak berdirinya perusahaan terus melakukan ekspansi. Puncaknya yakni perubahan status perusahaan menjadi perusahaan terbuka seiring dengan pencatatan saham perusahaan di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya sejak Oktober yang dilakukan pada tahun 1989.

Dengan dilakukannya penawaran saham sejak tahun 1990, perusahaan kemudian menjelma menjadi perusahaan yang memiliki kekuatan finansial dalam sektor pakan ternak. Japfa terus melakukan kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan perusahaan dengan melakukan kerjasama kemitraan dengan beberapa perusahaan lainnya.

Pada tahun 1990-an, Japfa melakukan akuisisi strategis dengan empat perusahaan yang bergerak dalam bidang pakan ternak. Perusahaan yang tergabung tersebut antara lain perusahaan-perusahaan besar dalam bidang produksi pakan ternak seperti PT Comfeed Indonesia, PT Ometraco Satwafeed, PT Indopell Raya serta PT Suri Tani Pemuka.

Di samping itu, Japfa juga melakukan proses akuisisi tahap kedua yang dilakukan pada tahun 1992 dengan mengambil alih PT Multibreeder Adirama Indonesia dengan bisnis utama yang berfokus pada pembibitan ayam.

Tak hanya itu, pada tahun yang sama Japfa juga melakukan pengambilalihan terhadap PT Ciomas Adisatwa yang bergerak dalam dalam bisnis pengolahan unggas dan  Suri Tani Pemuka dengan bisnis budidaya udang. Dengan berbagai rangkaian akuisisi ini mendukung perusahaan menjadi salah satu perusahaan produsen unggas dan udang terbesar di Indonesia.

PT Japfa Comfeed Indonesia JPFA beroperasi dengan didukung oleh beberapa divisi antara lain Divisi Unggas, Divisi Daging, Divisi Aquaculture dan beberapa divisi bisnis lainnya. Dalam divisi Unggas, Japfa berperan sebagai salah satu produsen unggas ter-integrasi secara global.

Divisi ini berfokus pada kegiatan memproduksi pakan unggas, DOC pembibitan dan pengolahan ayam. dalam laporan setiap tahunnya divisi ini memberikan kontribusi keuangan sebesar 83% dari penjualan bersih perusahaan.

Dalam divisi Daging, perusahaan beroperasi dalam 3 tahap produksi utama yakni pembibitan, perawatan, serta pengolahan sapi potong. Divisi ini beroperasi dengan merek "Santori" yang merupakan peternakan terbesar di Asia.

Divisi ini terbagi dalam dua nama, yakni  PT Santosa Agrindo dan PT Austasia Stockfeed. Sedangkan untuk divisi Aquaculture, Japfa berkembang dengan budidaya udang lokal yang tumbuh untuk komoditas ekspor. Hingga saat ini Japfa terus menyebar melalui anak-anak perusahaan serta jaringan produksi yang tersebar di beberapa kota-kota besar di Indonesia.

PT Japfa Komfeed Indonesia memiliki bidang bisnis yang meliputi pengolahan segala macam bahan untuk pembuatan/produksi bahan makanan hewan, kopra dan bahan lain yang mengandung minyak nabati, gaplek dan lain-lain dan mengusahakan pembibitan, peternakan ayam dan usaha peternakan lainnya, meliputi budi daya seluruh jenis peternakan, perunggasan, perikanan dan usaha lain yang terkait, dan menjalankan perdagangan dalam dan luar negeri dari bahan serta hasil produksi.

Merek utama dari produk Japfa Comfeed, antara lain meliputi pakan ternak (Comfeed dan Benefeed), produk daging ayam segar (Best Chicken dan Tora-Tora), daging (Tokusen Wagyu Beef) dan produk vaksin (Vaqsimune).

Struktur Dewan Komisaris dan Direksi PT Japfa Comfeed Indonesia 

DEWAN KOMISARIS 

H. SYAMSIR SIREGAR (Komisaris Utama)
HENDRICK KOLONAS (Wakil Komisaris Utama)
RETNO ASTUTI WIBISONO (Komisaris Independen)
IGNATIUS HERRY WIBOWO (Komisaris Independen)
JAKA PRASETYA (Komisaris)
ITO SUMARDI DJUNI SANYOTO (Komisaris Independen)

DIREKSI

HANDOJO SANTOSA (Direktur Utama)
BAMBANG BUDI HENDARTO (Wakil Direktur Utama)
TAN YONG NANG (Direktur)
LEO HANDOKO LAKSONO (Direktur)
RACHMAT INDRAJAYA (Direktur Independen)

KOMITE AUDIT

RETNO ASTUTI WIBISONO (Ketua Komite Audit)
EDWIN SURATMAN, SE., AK. (Anggota)
UTAMA ATMADILAGA, SE., Ak. (Anggota)

KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

RETNO ASTUTI WIBISONO (Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi)
H. SYAMSIR SIREGAR (Anggota)
EDDY WIDADI (Anggota)

SEKRETARIS PERUSAHAAN

MAYA PRADJONO (Sekretaris Perusahaan)

Catatan Deviden JPFA

Tahun 2019 Deviden dibagikan Rp.100, Yield 6.56% Cum Date 11/04/2019

Tahun 2018 Deviden dibagikan Rp.75, Yield 4.32% Cum Date 05/09/2018
Tahun 2017 Deviden dibagikan Rp.50, Yield 2.32% Cum Date 12/04/2017
Tahun 2016 Deviden dibagikan Rp.50, Yield 3.11% Cum Date 12/04/2016
Tahun 2015 Deviden dibagikan Rp.15, Yield 0.98% Cum Date 11/04/2015
Tahun 2014 Deviden dibagikan Rp.10, Yield -% Cum Date 24/06/2014

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Japfa Comfeed Indonesia Tbk, yaitu: Japfa. Ltd.) (induk usaha) (51,00%), Masyarakat (47.51%), Saham Treasury (0,06%).

Tentang JPFA

Profil singkat PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi pakan ternak, pembibitan hewan ternak dan mengolah ayam, dan mengoperasikan peternakan akuakultur. Perusahaan memperdagangkan produknya di dalam negeri dan internasional.

0 Response to "Saham JPFA PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel