Saham GGRM Gudang Garam Tbk PT


PT Gudang Garam Tbk dengan simbol saham GGRM, merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi rokok terbesar di negara Indonesia yang  begitu populer. Perusahaan ini didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo, perusahaan rokok ini merupakan peringkat pertama dan terbesar kelima di Indonesia menurut tahun pendiriannya (jika dibandingkan perusahaan rokok nasional lainya seperti Nojorono dan Djarum di Kudus) dalam produksi rokok kretek.

Perusahaan rokok Gudang Garam merupakan industri rokok yang terkemuka di tanah air yang telah berdiri sejak tahun 1958 di kota Kediri, Jawa Timur. Hingga kini, PT Gudang Garam sudah terkenal luas baik di dalam negeri maupun mancanegara sebagai penghasil rokok kretek berkualitas tinggi.

Produk dari PT Gudang Garam bisa dengan mudah ditemukan dalam berbagai variasi, mulai sigaret kretek klobot (SKL), sigaret kretek linting-tangan (SKT), hingga sigaret kretek linting-mesin (SKM). Yang memberikan komitmen kepada para penikmat kretek sejati, dengan memberikan pengalaman tak tergantikan dalam menikmati kretek yang terbuat dari bahan pilihan yang berkualitas tinggi.

Bidang Usaha GGRM

Sektor: CONSUMER STAPLES
Sub Sektor:TOBACCO
Bidang Usaha Utama: CONSUMER PRODUCTS

Data dan Alamat Prusahaan GGRM

Alamat Kantor : Jl. Jenderal A. Yani 79 Jakarta 10510, Indonesia
No. Telepon : (+6221) 2955.7000
Faks : (+6221) 2955.7009
Situs : www.gudanggaramtbk.com

PT Gudang Garam Tbk (GGRM) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri rokok dan yang terkait dengan industri rokok. Sebagai salah satu produsen rokok kretek terbesar di Indonesia, PT Gudang Garam berdasarkan riset pasar Nielsen, yang dilakukan pada akhir tahun 2016, yang mendapatkan hasil dari PT Gudang Garam memiliki pangsa pasar rokok dalam negeri dengan jumlah yang cukup besar yakni sekitar 20,8% dengan produk-produk yang sudah dikenal luas oleh masyarakat dari berbagai kalangan di seluruh penjuru Nusantara.

Beberapa produk rokok dari PT Gudang Garam yaitu berbagai jenis rokok kretek filter seperti Gudang garam internasional, surya. Gudang Garam jenis rendah tar nikotin (LTN) seperti Surya Pro Mild, GG Mild, Signature Mild. Gudang Garam produk tradisional sigaret kretek tangan seperti Klobot, Sriwedari, gudang garam merah dan Djaja. Merek-merek rokok tersebut memang sudah tidak asing, dan bahkan dapat dengan mudah untuk ditemui hampir di setiap toko dan warung di sekitar wilayah anda.

Sejarah PT Gudang Garam GGRM awalnya didirikan oleh Surya Wonowidjojo (Tjoa Jien Hwie ) di Kediri, Jawa Timur pada 26 Juni 1958 dengan nama awal perusahaan Perusahaan Rokok Tjap “Gudang Garam” Kediri.

Konon, nama Gudang Garam diperoleh dari mimpi, selain itu awalnya Tjoa Jien Hwie berimigrasi dari Fukien (Fujian) Cina menuju kota Sampang Madura yang dikenal sebagai daerah penghasil garam.

Usaha pabrik rokok yang dirintis Surya Wonowidjojo yang awalnya didirikan di pinggir sungai Brantas pun berkembang dengan begitu pesat sehingga pada tahun 1966, Perusahaan GGRM Gudang Garam merupakan salah satu pabrik rokok kretek terbesar dari produsen rokok yang sudah ada di Indonesia.

Kemudian pada tahun 1969, perusahaan berubah status menjadi Firma yang selanjutnya pada tahun 1971 bentuk badan hukum PT Gudang Garam diubah menjadi Perseroan Terbatas, dengan akta Suroso SH, sebagai wakil notaris sementara di Kediri. Pada tahun 1990 PT Gudang Garam mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya. Saham Perseroan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode emiten GGRM.

Visi Dan Misi PT Gudang Garam Tbk

Visi PT Gudang Garam

Menjadi perusahaan terkemuka kebanggaan nasional yang bertanggung jawab dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham, serta manfaat bagi segenap pemangku kepentingan secara berkesinambungan.

Misi PT Gudang Garam adalah Catur Dharma
  • Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan.
  • Kerja keras, ulet, jujur, sehat dan beriman adalah prasyarat kesuksesan
  • Kesuksesan tidak dapat terlepas dari peranan dan kerja sama dengan orang lain.
  • Karyawan adalah mitra usaha yang utama.

Struktur Dewan Komisaris dan Direksi PT Gudang Garam

DEWAN KOMISARIS

Juni Setiawati Wonowidjojo (Presiden Komisaris)
Frank W. van Gelder (Komisaris Independen)
Lucas Mulia Suhardja (Komisaris)
Gotama Hengdratsonata (Komisaris Independen)

DIREKSI

Susilo Wonowidjojo (Presiden Direktur)
Heru Budiman (Direktur)
Herry Susianto (Direktur)
Buana Susilo (Direktur)
Istata Taswin Siddharta (Direktur)
Sony Sasono Rahmadi (Direktur Independen)

Catatan Deviden GGRM

Tahun 2019 Deviden dibagikan Rp.2,600, Yield 4.71% Cum Date 04/07/2019
Tahun 2018 Deviden dibagikan Rp.2,600, Yield 3.42% Cum Date 03/07/2018
Tahun 2017 Deviden dibagikan Rp.2,600, Yield 3.78% Cum Date 03/07/2017
Tahun 2016 Deviden dibagikan Rp.2,600, Yield 3.25% Cum Date 21/07/2016
Tahun 2015 Deviden dibagikan Rp.800, Yield 1.21% Cum Date 29/07/2015

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham PT Gudang Garam Tbk, yaitu: PT. SURYADUTA INVESTAMA (69,29%), PT. SURYAMITRA (6.26%), Masyarakat (24.45%).

Tentang GGRM

PT Gudang Garam Tbk adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia yang terutama bergerak dalam pembuatan rokok kretek, yang secara lokal dikenal sebagai kretek. Bisnisnya diklasifikasikan menjadi tiga segmen operasi: rokok, kertas karton dan lain-lain.

Perusahaan Gudang Garam memproduksi beragam kretek, termasuk kretek linting tradisional, kretek buatan mesin dan varian rendah-tar, nikotin rendah. Beberapa merek utamanya adalah Gudang Garam International, Gudang Garam Merah, Surya, Surya Pro Mild, Surya Professional dan GG Mild.

Fasilitas pembuatannya terletak di beberapa daerah di Indonesia, yaitu Kediri, Gempol, Karanganyar dan Sumenep. Ini juga memiliki kantor perwakilan di Jakarta dan Surabaya, Indonesia.

Anak perusahaan termasuk PT Surya Pamenang, memproduksi kertas karton yang digunakan untuk pengemasan produk-produk Perusahaan, dan PT Surya Madistrindo, distributor tunggal produk-produk Perusahaan.

0 Response to "Saham GGRM Gudang Garam Tbk PT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel