Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Saham adalah? Pengertian Saham Bagi Pemula

IDX Bursa Efek Indonesia [Sumber Gambar]
Saham (stock) merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular pada saat ini. Menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan bagi perusahaan ketika memutuskan untuk pendanaan perusahaan. Pada sisi yang lain, saham merupakan instrument investasi yang banyak dipilih oleh para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Secara teoritis, saham terbagi dalam beberapa penggolongan jenis yang berdasarkan oleh indikator tertentu. Sebelum memulai membeli saham sebaiknya kita terlebih dahulu untuk mengenal jenis saham yang berlaku di Indonesia saja agar tidak mengaburkan pemahaman.

Jenis - Jenis Saham

Ada beberapa jenis saham, jenis saham yang berlaku di Indonesia antara lain saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock). Masing-masing jenis saham memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri-sendiri dan simbol huruf tidak memiliki arti apa-apa.

1. Common Stock/Saham Biasa

Saham Common Stock/Saham Biasa merupakan jenis saham yang menjadi mayoritas di pasar bursa. Jika memilih saham jenis ini, maka Anda memiliki hak untuk ikut serta dalam voting di Rapat Umum Pemegang Saham RUPS dan dividen (pembagian keuntungan perusahaan) yang tidak mutlak. Artinya, keuntungan dari dividen baru akan Anda dapat jika keputusan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) bersedia membagikan dividen tersebut (dengan besaran yang juga tidak menentu).

Dalam saham Common Stock ini, Anda juga berhak memiliki klaim atas aset yang dimiliki oleh perusahaan jika terjadi likuidasi. Namun, hak klaim terbatas pada sisa terakhir aset perusahaan setelah dipotong pajak, upah karyawan, kreditur, dan pemegang saham preferen.

Ciri - Ciri Common Stock/Saham Biasa
  1. Hak suara pemegang saham, dapat memillih dewan komisaris
  2. Hak didahulukan, bila organisasi penerbit menerbitkan saham baru
  3. Tanggung jawab terbatas, pada jumlah yang diberikan saja
  
2. Preffered Stock/Saham Preferen

Saham Preffered Stock/Saham Preferen bisa disebut sebagai saham prioritas. Saham preferen terbilang cukup jarang di Indonesia, kalaupun ada biasanya diadakan oleh perusahaan besar seperti PT. Unilever Indonesia Tbk., Semen Indonesia, dan PT. Bank Central Asia Tbk.,PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., Telkom Indonesia. dan lain sebagainya.

Jika anda membeli saham Preffered Stock ini, Anda berhak untuk mendapatkan fixed dividen. Fixed dividen biasanya cukup aman karena dibayar oleh perusahaan secara regular dan pembayaran dividen nya diutamakan sebelum pembayaran saham biasa.

keuntungan lain dari saham preferen adalah pada saat perusahaan dilikuidasi, pemegang saham preferen berhak mendapatkan klaim aset yang dimiliki perusahaan lebih dulu sebelum pemegang saham biasa. Keunggulan lain saham ini adalah anda bisa mengonversi saham preferen ke saham biasa serta bisa mengambil shares sewaktu-waktu anda inginkan.

Ciri - Ciri Saham Preferen/Preffered Stock
  1.  Memiliki berbagai tingkat, dapat diterbitkan dengan ciri-ciri yang berbeda
  2. Tagihan terhadap aktiva dan pendapatan, memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam hal pembagian dividen
  3. dividen kumulatif, bila belum dibayarkan dari periode sebelumnya maka dapat dibayarkan pada periode berjalan dan lebih dahulu dari saham biasa
  4. Konvertibilitas, dapat ditukar menjadi saham biasa, bila kesepakatan antara pemegang saham dan organisasi penerbit terbentuk
 
Kategori saham berdasarkan kapitalisasi pasar

Kapitalisasi pasar dimaksudkan sebagai total nilai saham emiten yang beredar sesuai harga yang berlaku.Berdasarkan nilai penguasaan pasar tersebut, saham terbagi atas 3 jenis berikut:

  • Saham papan atas (blue chip) : yaitu emiten yang memiliki reputasi tinggi dan perusahaan memiliki aset bernilai lebih dari Rp 40 trilyun, fundamentalnya baik, kredibilitasnya tinggi, cakupan pasar luas, mapan, dan dibutuhkan orang banyak. Saham ini sifatnya stabil dan cocok untuk investasi jangka panjang.
  • Saham lapis dua (second layer) : emiten bernilai Rp 1-40 trilyun, lebih fluktuatif, berada dalam tahap berkembang namun stabilitasnya sudah mendekati blue chip.
  • Saham lapis tiga (third layer) : emiten bernilai di bawah Rp 1 trilyun. Dari ketiga jenis saham di atas, blue chip adalah satu-satunya saham yang layak untuk dicari untuk pasar investasi saham di Indonesia. Sebab, saham non blue chip memiliki risiko yang sangat tinggi dengan valuasi yang tidak menentu
  
Saham merupakan sebuah tanda atau bukti dari kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di Bursa Efek Indonesia disebut sebagai Perusahaan Tercatat. Saham merupakan salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang, kebanyakan investor menanamkan saham selama lebih dari 5 tahun.

Satuan pembelian saham = 1 Lot (100 lembar)

0 Response to "Saham adalah? Pengertian Saham Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel