Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Langkah Awal Belajar Microsoft Word 2016 LENGKAP Bagi Pemula

Microsoft Word 2016 [Sumber Gambar]

Kali ini kita akan membahas langkah-langkah untuk belajar menggunakan Microsoft Office Word atau Microsoft Word dengan berurutan dari pengenalan, penggunaan tools yang ada di tool bar, hingga sampai anda bisa menguasi microsoft word tersebut.

Apakah penting belajar Microsoft Word?

Jawabannya tentu sudah jelas sangat, sangat, penting. Karena pada saat ini di era modern saat ini Microsoft Word sangatlah diperlukan karena sangat membantu pekerjaan seperti menulis surat, mengerjakan tugas, skripsi, membuat makalah dan dokumen.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Langkah Awal Belajar Microsoft Word 2016 LENGKAP Bagi Pemula mari kita bahas bersama Lets Go......

Langkah - langkah Berlajar Microsoft Word


1. Mengenal bagian-bagian pada lembar kerja.

Mempelajari bagian-bagian lembar kerja pada Microsoft Word bertujuan untuk mengenal dan memahami peran fungsi dari setiap bagian-bagian lembar kerja.

Lembar kerja yang terdapat pada Microsoft Word 2016 yang perlu untuk di pelajari adalah sebagai berikut:

  • Quick Access toolbar
  • Titel Bar
  • Mengatur Jendela
  • Tab
  • Ribbon
  • Group
  • Dialog box
  • View Ruler
  • Ruler
  • Scroll 
  • Lembar kerja
  • Status Bar

2. Membuat dan Menyimpan dokumen.

Setelah Anda telah mengenal dan memahami peran dan fungsi dari setiap bagian pada lembar kerja, maka sudah saatnya bagi Anda untuk mulai membuat dokumen pertama Anda di Microsoft Word dan setelah Anda selesai membuat nya Anda harus menyimpan dokumen yang telah Anda buat.

3. Memahami fungsi dari Cut, Coppy, dan Paste.


Cut, Coppy, dan Paste digunakan untuk mempercepat proses menyalin, memindah, dan menempelkan tulisan serta gambar. Fungsi ini sangatlah penting karena sengat membantu pengguna dalam pengolahan data.

4. Mengatur Font

Seperti mengatur jenis huruf, ukuran huruf, dan warna huruf. Hal ini dapat membuat dokumen kita tampak profesional dan enak untuk di pandang.

5.Membuat halaman Cover

Halaman cover adalah halaman yang berada pada posisi paling depan pada dokumen. Halaman Cover memiliki fungsi seperti sampul buku.

6. Menyisipkan Gambar dan Clipart


Dengan menyisipkan sebuah atau beberapa gambar seperti ilustrasi pada lembar kerja microsoft word dapat membuat dokumen kita lebih mudah untuk di mengrti dan di pahami oleh orang lain, dan tentu jugah menambah segi keindahan dan kelengkapan dokumen.

7. Membuat Header, Footer, dan Page number

Header adalah sebuah catatan yang dicetak pada bagian paling atas pada lembar kerja, sedangkan Footer adalah sebuah catatan yang dicetak pada bagian baling bawah pada lembar kerja. Page Number adalah sebuah penomeran yang diberikan pada halaman microsoft word.

8. Word Art dan Drop Cap

WordArt adalah sebuah bentuk tulisan teks yang menonjol dan memiliki efek khusus. Anda dapat memulai dengan memilih gaya model dari wordArt pada galeri WordArt yang telah di sediakan di microsoft word.

Drop Cap adalah sebuah format teks yang dapat membuat huruf besar pada awal paragraf, format dropcap ini biasanya digunakan pada majalah, koran, dan media cetak lainnya.

9. Mengatur Kertas atau Page Setup


Page Setup ini memiliki fugsi diantara lain untuk mengatur ukuran kertas pada microsoft word agar sesuai dengan yang Anda inginkan saat dokumen tersebut dicetak,  memilih orientasi atau posisi kertas, menentukan margin, dan membuat columns pada microsoft word.

10. Page Background

Page Background adalah sebuah pengaturan untuk memberikan warna atau gambar sebagai background pada lembar kerja di microsoft word.

11. Mail Merge

Mail Merger Adalah sebuah pengaturan yang berfungsi untuk membuat surat undangan untuk dikirimkan ke beberapa orang dengan nama dan alamat yang berbeda secara otomatis. Jadi ketika dokumen undangan yang anda buat akan di print atau dicetak surat undangan tersebut akan secara otomatis mengubah data nama dan alamat yang akan berubah berdasarkan nama undangan yang telah Anda buat pada mail merge.

12. Pengaturan Microsoft Word


Anda dapat menambahkan penulisan menggunakan bahasa arab pada microsoft word melalui pengetaturan dengan menambahkan penulisan bahasa arab. Anda juga bisa menampilkan atau menyembunyikan penggaris ruller, mengganti satuan ruller dari Inc ke Cm pada microsoft Word

13. Memberi Pasword


Saat Anda membuat sebuah dokumen pada microsoft word dan menurut Anda dokumen tersebut bersifat pribadi atau rahasia yang hanya boleh di baca oleh orang tertentu atau hanya untuk Anda. Maka memberi pasword pada dokumen terebut adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan.

Demikian pembahasan tentang langkah-langkah belajar microsoft word yang lengkap bagi pemula.

Terimakasih telah mengunjungi masternubie.com. Mudah-mudahan artikel ini dapat di terima dengan baik dan dapat  bermanfaat.....

0 Response to "Langkah Awal Belajar Microsoft Word 2016 LENGKAP Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel