Cara Mengubah Font di Microsoft Word 2016

Microsoft Word 2016 [Sumber Gambar]

Kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatur Atau Mengubah Font di Microsoft Word 2016.

Font atau huruf memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan sebuah dokumen yang bagus dan profesional. Oleh karena itu mempelarajari cara untuk mengatur font sangatlah penting dalam proses membuat suatu dokumen.

Dalam Microsoft Word kita bisa mengatur font hingga sedemikian rupa seperti, kita bisa mengatur ukuran besar kecilnya suatu font dengan menggunakan menu size, kita bisa mengatur warna-warna font hingga berwarna-warni serti warna pelangi, kita juga bisa mengganti jenis font yang sesuai dengan keinginan kita atau sesuai jenis dokumen yang kita buat dengan mengaturnya pada menu font style.

Pada menu font style sudah terdapat cukup banyak jenis font yang telah disediakan oleh Microsoft word, jika di dalam menu font style kita tidak menemukan font yang sesuai dengan keinginan kita, jangan khawatir kita juga bisa menambahkan jenis-jenis font baru kedalam Microsoft Word sehingga kita mendapatkan jenis font yang sesuai dengan keinginan kita untuk menyelesaikan dokumen kita dengan rapi dan professional.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Cara Mengatur Atau Mengubah Font di Microsoft Word 2016 mari kita bahas bersama Lets Go......

Pengaturan Font Pada Microsoft Word 2016


Pengaturan Font pada Microsoft Word dapat kita temui pada halaman utama pada menu "Home" terdapat toolbar font yang berisi bermacam-macam icon yang berfungsi untuk mengatur text, huruf ataupun font yang akan sangat berguna untuk mengatur dokumen yang akan anda buat.
 
Gambar Menu Pengaturan Font [Sumber Gambar]
Dalam toolbar pengaturan font di atas setiap gambar icon memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti untuk mengatur jenis font, mengatur ukuran font, membuat text dengan huruf tebal, miring, dan bergaris bawah, dan masih banyak lagi.

Dalam pembahasan kali ini kita akan mempelajari kegunaan dari setiap icon yang telah tersediah pada toolbar pengaturan font, dibawah ini adalah penjelasan tentang pengertian dan kegunaan dari setiap icon pada toolbar pengaturan font pada Microsoft Word 2016.

Fungsi-fungsi dari setiap icon pada pengaturan Font adalah sebagai berikut :

  • Font Style

Font style adalah sebuah tool yang berfungsi untuk mengubah atau memilih jenis huruf untuk dokumen yang akan di ketik pada microsoft word, atau anda juga dapat mengubah beberapa kalimat lalu mengganti dengan jenis huruf yang sesuai keinginan anda anda.

Icon font style berbentuk seperti sebuah tulisan nama dari jenis font yang sedang kita gunakan, misalnya "Calibri", dan jika kita klik maka akan muncul menu drop down yang berisi berbagai jenis huruf yang telah disediakan pada microsoft word. Pada umumnya dokumen yang dibuat pada Microsoft Word akan menggunakan jenis huruf Times New Roman.

  • Font Size

Font size adalah sebuah tool yang berfungsi untuk mengatur ukuran teks untuk memberbesar dan memperkecil ukuran seatu teks tersebut, pada tool ini Font size ini kita dapat menyesuaikan ukuran dari teks yang akan kita buat mulai dari ukuran font 8 sampai dengan ukuran font 72 yang merupakan ukuran rekomendasi dari microsoft word.

Selain itu kita juga dapat membuat kuran teks yang sesuai dengan kebutuhan kita dangan cara menginputkan secara langsung angka pada icon font size. icon font size ini berbentuk angka dan memiliki menu dropdown yang berisi angka ukuran font yang telah di rekomendasikan oleh microsoft word untuk membuat dokumen sekerti ukuran 8, 9, 10 ,11, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28, 36, 48, 72.

  • Grow Font

Grow font adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memperbesar ukuran huruf pada kalimat atau teks yang akan di ketik.

Icon Grow Font berbentuk hurf A jika kita klik icon tersebut maka font atau teks akan menjadi lebih besar, dan jika teks atau font masih kurang besar kita dapat melakukan klik lagi sampai menemukan ukuran font yang cocok.

  • Shrink Font

Shring font adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf atau kalimat teks yang akan di ketik.

Icon Shrink font berbentuk A sama dengan bentuk icon dari grow font, tetapi ukuran dari icon shrink font lebih kecil, fungsi dari Shrink font adalah kebalikan dari grow font yaitu jika kita melakukan "klik" pada icon srhink font maka ukuran font atau teks akan menjadi lebih kecil, kita juga bisa melakukan beberapa kali "klik" untuk memperkecil ukuran huruf sampai dengan ukuran yang kita butuhkan

  • Change Case

Change Case adalah sebuah tool yang berfungsi untuk mengatur dan merubah bentuk teks kapitalisasi atau mengubah huruf besar kecil dalam suatu kalimat.

Icon change case berbentuk huruf Aa dan jika kita "klik" icon tersebut maka akan muncul menu dropdown dengan pilihan jenis change chase yang akan kita gunakan seperti :

Sentence Case berfungsi untuk memberi huruf kapital atau huruf besar pada awal kalimat.

Lowercase berfungsi untuk membuat semuah huruf termasuk huruf kapital menjadi huruf kecil.

Uppercase berfungsi untuk membuat semuah huruf menjadi huruf kapital.

Capitalize Each Word berfungsi untuk membuat huruf kapital pada setiap awal kata.

Toggle Case berfungsi untuk membuat huruf pada setiap awal kata menjadi huruf kecil dan huruf kedua sampai huruf terakhir menjadi huruf kapital.

  • Clear All Formating

Clear all formating adalah sebuah tool yang berfungsi untuk menghapus semua pengaturan pemformatan pada teks yang di pilih.

Icon clear all formating berbentuk huruf A dan sebuah penghapus berwarna merah. Setelah kita memilih sebuah teks kalimat dengan melakukan blok dan menekan icon ini maka semua format pada teks kalimat tersebut akan berubah pada bentuk awal pada saat pertama kita membuka dokumen.

  • Bold

Bold berfungsi untuk membuat huruf di cetak tebal pada huruf yang akan kita ketik, contoh penggunaan fungsi Bold adalah seperti ini, masternubie.com....
Icon Bold berbentuk huruf B dengan cetakan tebal, kita bisa melakukan "klik" pada icon tersebut maka huruf berikutnya yang akan kita ketik akan menjadi tebal. Kita juga bisa menggunakan tombol "CTRL+B" untuk mengaktifkan fungsi bold ini, dan menakan "CTRL+B" lagi untuk mematikan fungsi bold.

  • Italic

Italic berfungsi untuk membuat huruf yang akan kita ketik akan tercetak miring, contoh penggunaan fungsi Italic adalah seperti ini, masternubie.com...

Icon Italic berbentuk huruf I yang tercetak miring, kita bisa melakukan "klik" pada icon tersebut maka font berikutnya yang akan kita ketik akan menjadi tercetak miring. Kita juga bisa menggunakan tombol pada keyboard untuk meng aktifkan fungsi italic dengan menekan tombol "CTRL+I" dan menekannya kembali untuk mematikan fungsi italic

  • Underline

Underline berfungsi untuk membuat huruf yang akan kita ketik akan bergaris bawah, contoh penggunaan fungsi Underline adalah seperti ini, masternubie.com...
Icon Underline berbentuk huruf U yang bergaris bawah, kita bisa melakukan"klik" pada icon tersebut maka tulisan yang akan kita ketik akan tercetak dengan bergaris bawah. Kita juga bisa menggunakan tombol pada keyboard untuk mengaktifkan fungsi Underline dengan menekan "CTRL+U" dan menekannya kembali untuk mematikan fungsi underline.

  • Strikethrough

Strikethrough adalah sebuah tool yang berfungsi untuk membuat garis tengah atau coretan pada teks yang kita pilih atau yang akan kita ketik, contoh penggunaan fungsi Strikethrough adalah seperti ini butuhwaktu.com...

Icon Strikethrough berbentuk huruf abc yang dicoret atau terdapat garis tengah pada huruf tersebut, kita bisa mengaktifkan fungsi ini dengan melakukan "klik" pada icon tersebut.

  • Subscript

Subscript adalah sebuah tool yang berfungsi untuk membuat efek tulisan menjadi agak kebawah dan lebih kecil.

Icon Subscript berbentuk huruf X dan angka 2 yang berada pada posisi lebih rendah dan lebih kecil. Kita bisa mengaktifkan fungsi Subscript dengan melakukan "klik" dan melakukan "klik" lagi untuk mengahiri atau mematikan fungsi Subscript.

  • Supercript

Supercript adalah sebuah tool yang berfungsi untuk membuat efek tulisan menjadi agak keatas dan lebih kecil, fungsi ini berlawanan dengan fungsi subscript.

Icon Supercript berbentuk huruf X dan angka 2 yang berada pada posisi sedikit lebih tiggi dan berukuran lebih kecil (seperti pangkat). Kita dapat mengaktifkan fungsi Supercript dengan melakukan "klik" dan melakukan "klik" lagi untuk mengahiri atau mematikan fungsi Supercript.

  • Text Effect

Text Effect adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memberikan efek khusus pada font atau kalimat yang akan kita tuliskan, seperti memberikan effek arsiran yang berwarna pada teks yang berjuan untuk membuat suatu teks terlihat lebih mencolok.

Icon Text Effect berbentuk huruf A yang diarsir dengan warna biru. Kita bisa meng "klik" icon tersebut maka akan muncul beberapa warna dan model dari teks effect yang bisa kita gunakan.

  • Text Highlight Color

Text highlight color adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memeberikan warna pada background teks yang telah kita pilih, kita juga bisa memilih warna background sesuai dengan warna yang kita suka, contohnya adalah seperti ini masternubie.com...

Icon Text Highlight Color berbentuk huruf ab denga tuas cat di depannya. Kilta bisa melakukan "klik" pada icon tersebut maka akan muncul kotak warna yang berisi 15 warna yang bisa kita gunakan sebagai background teks kalimat pada dokumen kita.

  • Font Color

Font Color adalah sebuah tool yang berfungsi untuk mengganti warna huruf yang digunakan, contoh masterwnubie.com...

Icon Font Color berbentuk huruf A dengan garis bawah tebal  berwarna merah. kita bisa melakukan "klik" pada tandah panah yang berada di sebelah icon untuk memilih warna, kemudian kita klik icon untuk menerapkannya pada teks.

Demikian pembahasan tentang Cara Mengatur Atau Mengubah Font di Microsoft Word 2016.

Terimakasih telah mengunjungi masternubie.com. Mudah-mudahan artikel ini dapat di terima dengan baik dan dapat  bermanfaat bagi kita semua.....

sampai jumpa pada artikel berikutnya...

0 Response to "Cara Mengubah Font di Microsoft Word 2016"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel