Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Thomas Alva Edison Penemu dan Pengusaha 1093 Hak Paten

Thomas Alfa Edison [Sumber Gambar]
Siapa yang tidak tahu dengan Thomas Alva Edison? Ya Dia adalah sang penemu yang terkenal dan ternama sepanjang masa dengan ribuan hak paten yang dimilikinya dari hasil penemuannya sendiri dan juga penemuan bersama tim yang membawa banyak perubahan dalam peradaban dan kemajuan umat manusia.

Tomas Alva Edison terkenal dengan sifat kegigihannya yang pantang menyerah, usahanya begitu keras dalam menghadapi berbagai kegagalan yang ia dapat dalam proses penelitiannya. Pada saat menemukan Lampu Pijar, Thomas Alfa Edison mengalami kegagalan sebanyak 9.998 kali. Baru pada percobaannya yang ke 9.999 dia berhasil secara sukses menciptakan lampu pijar yang benar-benar menyala terang.

Biografi Thomas Alva Edison

  • Nama : Thomas Alva Edison
  • Lahir : Ohio, Amerika, 11 Februari 1847
  • Wafat : New Jersey, Amerika, 18 Oktober 1931
  • Orang Tua : Samuel Ogden Edison, Jr (ayah), Nancy Matthews Elliott (ibu)
  • Saudara : Samuel Ogden Edison, William Pitt Edison, Marion Wallace Edison, Eliza Smith Edison, Carlile Snow Edison, Harriett Ann
  • Istri : Mary Stilwell, Mina Miller
  • Anak : Charles Edison, Thomas Alva Edison Jr., Theodore Miller Edison, William Leslie Edison, Madeleine Edison

Thomas Alva Edison dilahirkan di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Ayahnya bernama Samuel Odgen Edison dan ibunya bernama Nacy Mathews. Kemudian pada tahun 1854 orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan. Edison pun tumbuh dan dibesarkan di sana.

Masa Kecil Thomas Alva Edison

Pada masa kecilnya Edison bukanlah seorang anak kecil yang pandai dan berprestasi, melain seorang anak yang selalu mendapat nilai paling buruk diantara murid yang lain. Edison hanya dapat mengikuti sekolah hanya selama 3 bulan setelah itu ia dikeluarkan dari sekolah karena nilainya yang buruk dan dianggap bodoh.

Gurunya memperingatkan ibu Thomas Alva Edison bahwa ia tidak bisa belajar di sekolah sehingga ibunya memutuskan untuk mengajar Edison sendiri di rumahnya. Kebetulan ibu pada saat itu Nancy Matthews ibu dari Thomas Alva edison adalah seorang guru.

Nancy Matthews tidak memperdulikan perkataan dari gurunya yang menganggap Edison adalah murid yang sering tertinggal, bodoh dan dianggap sebagai murid yang tidak berbakat. Nancy Mathews percaya bahwa Thomas Alva Edison bukanlah anak yang bodoh dan terbelakang.

keyakinan itulah yang membuat Thomas Alva Edison dikenal sebagai salah satu penemu terbesar dalam sejarah dan dikenang oleh dunia selamanya. Di rumah dengan leluasa Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri.

Meskipun tidak sekolah, Edison kecil menunjukkan sifat rasa ingin tahu yang mendalam dan selalu ingin mencoba dan mencari hal-hal baru. Sebelum mencapai usia sekolah dia sudah membedah hewan-hewan, bukan untuk menyiksa hewan-hewan tersebut, tetapi murni didorong oleh rasa ingin tahunya yang besar.

Thomas Alva Edison Membuat Telgraf Yang Lebih Baik

Pada saat Thomas Alva Edison berusia sebelas tahun ia membangun sebuah laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah rumah ayahnya. Setahun kemudian dia berhasil membuat sebuah telegraf yang meskipun bentuknya masih terbilang primitif tetapi bisa berfungsi dengan baik.

Tentu saja percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Thomas Alva Edison ini membutuhkan biaya yang lumayan besar. Untuk memenuhi kebutuhan biaya penelitiannya itu, pada usia dua belas tahun Edison bekerja sebagai penjual koran dan permen di atas kereta api yang beroperasi antara kota Port Huron dan Detroit.

Edison sangatlah memperhatikan waktu dan menggunakan waktunya seefesien mungkin, waktu senggangnya di kereta api tidak terbuang percuma Edison meminta ijin kepada pihak perusahaan kereta api, “Grand Trunk Railway”, untuk membuat laboratorium kecil di salah satu gerbong kereta api. Di sanalah ia melakukan percobaan dan membaca literatur ketika sedang tidak bertugas.

Tahun 1861 terjadi perang saudara yang terjadi antara negara-negara bagian utara dan selatan. Topik peperangan ini menjadi perhatian orang-orang. Thomas Alva Edison melihat peluang ini dan ia membeli sebuah alat cetak tua seharga 12 dolar.

Thomas Alva Edison kemudian mencetak sendiri korannya yang diberi nama “Weekly Herald”. Koran ini adalah koran pertama yang dicetak di atas gerbong kereta api dan lumayan laku terjual. Jumlah koran hasil cetakan yang terhitung pada waktu itu mencapai 400  cetakan dalam waktu sehari.

Dalam biografi Thomas Alva Edison, pada masa ini Edison hampir kehilangan pendengarannya akibat kecelakaan. Tetapi dia tidak menganggap kehilangan pendengaran sebagai cacat malah menganggapnya sebagai keuntungan karena ia banyak memiliki waktu untuk berpikir daripada untuk mendengarkan pembicaraan kosong yang tidak ada artinya.

Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar

Pada tahun 1877, Thomas Alva Edison menemukan hal baru yang membuatnya untuk menyibukkan diri dengan masalah yang pada waktu itu menjadi perhatian banyak peneliti yaitu lampu pijar. Edison menyadari betapa pentingnya sumber cahaya semacam itu bagi kehidupan umat manusia.

Oleh karena itu Thomas Alva Edison mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar yang didapat dari hasil menjual penemuannya ke perusahaan-perusahaan dan dalam kurun waktu dua tahun ia melakukan percobaan membuat lampu pijar.

Persoalannya ialah bagaimana menemukan komponen yang bisa berpijar ketika dialiri arus listrik tetapi tidak terbakar. Total ada sekitar 6000  komponen yang dicobanya. Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam.

kemudian Thomas Alva Edison juga menemukan proyektor untuk memutar film-film kecil. Dan pada tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik temuannya di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

Thomas Alva Edison dipandang sebagai salah seorang tokoh ilmuan pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat.

Beberapa penelitian Thomas Alva Edison lainnya adalah: mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.

Lanjutkan Membaca 10 Fakta Unik Thomas Alfa Edison

Kata-kata Bijak Thomas Alva Edison

  • Saya tidak pernah gagal. Saya hanya menemukan 10.000 cara yang tidak tepat. [Thomas Alva Edison]
  • Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras. [Thomas Alva Edison]
  • Segala sesuatu yang tidak menjual, saya tidak ingin menciptakannya. Penjualan adalah bukti dari kegunaan. Dan kegunaan adalah bukti dari keberhasilan. [Thomas Alva Edison]
  • Hanya karena sesuatu tidak berjalan sesuai dengan yang anda recanakan, tidak berarti bahwa hal tersebut sia-sia. [Thomas Alva Edison]
  • Untuk berhasil menemukannya, anda perlu imajinasi yang baik serta setumpuk sampah (ide gila). [Thomas Alva Edison]
  • Nilai dari sebuah ide terletak pada bagaimana penggunaannya. [Thomas Alva Edison]
  • Pada saat aku secara penuh memutuskan sesuatu, hasil tersebut merupakan hal yang berharga untuk kulakukan serta mencoba percobaan demi percobaan hingga hal itu terwujud. [Thomas Alva Edison]
  • Banyak sekali kegagalan dalam hidup adalah mereka yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan ketika mereka menyerah. [Thomas Alva Edison]
  • Apabila kita semua melakukan hal sesuai kemampuan, kita benar-benar akan mengejutkan diri kita sendiri. [Thomas Alva Edison]
  • Kualitas diri anda dinilai dari bagaimana diri anda, bukan apa yang anda miliki. [Thomas Alva Edison]
  • Hampir semua orang yang mengembangkan ide karyanya hingga ke titik yang tampak tidak memungkinkan lagi, lalu kemudian merasa putus asa. Hal tersebut bukanlah tempat untuk berkecil hati. [Thomas Alva Edison]
  • Alasan mengapa banyak orang tidak mengenali peluang adalah karena umumnya peluang muncul seolah-olah nampak seperti upaya keras. [Thomas Alva Edison]
  • Tak ada aturan disini. Kita tengah mencobanya untuk mencapai sesuatu. [Thomas Alva Edison]
  • Kejeniusan adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. [Thomas Alva Edison]
  • Ketidakpuasan adalah kebutuhan pertama dalam kemajuan. [Thomas Alva Edison]

Lanjutkan Membaca 49 Kata-kata Bijak Thomas Alfa Edison

0 Response to "Thomas Alva Edison Penemu dan Pengusaha 1093 Hak Paten"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel