Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

10 Fakta Tentang Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison [Sumber Gambar]
Thomas Alfa Edison, adalah seorang ilmuawan yang berkebangsaan Amerika dan ia adalah penemu lampu pijar, pada waktu kecil pada sekolahnya Thomas Alva Edison dianggap bodoh oleh gurunya, sehingga dia dikeluarkan dari sekolahnya. Nancy Matthews Elliott ibu dari Thomas Alva Edison memutuskan untuk mengajari sendiri anaknya, karena tak ada sekolah yang mau menerimanya.

Karier penemuan dari Thomas Alva Edison diawali setelah ia membaca buku School of Natural Philosophy karya RG Parker, buku tersebut berisinya petunjuk praktis untuk melakukan eksperimen di rumah dan Dictionary Of Science. Ibunya kemudian membuatkan Edison sebuah Laboratorium kecil dibawah tanah.

Penemuan terbesar yang telah dicapai oleh Thomas Alva Edison adalah Lampu pijar. Namun sebenarnya ia telah menemukan begitu banyak alat dan telah dipatenkan atas namanya. Penemuan yang dipatenkannya tercatat sebanyak 1.093 buah.

Pada saat menemukan Lampu Pijar ini Thomas Alfa Edison mengalami begitu banyak kegagalan yang diketahui sebanyak 9.998 kali. Baru pada percobaannya yang ke 9.999 Thomas Alva Edison berhasil secara sukses menciptakan lampu pijar yang benar-benar menyala terang.


Di antara berbagai kisah sukses pendiri General Electric itu terselip beberapa fakta menarik. Berikut ini kami sajikan 10 diantaranya sebagai berikut :
Fakta-fakta Menarik Thomas Alva Edison

1. Thomas Alva Edison Sulit Mendengar

Pada saat Thomas Alva Edison berusia sekitar 12 tahun, ia mulai kehilangan pendengarannya. Bukan Tuli, Edison kerap kali disebut tuli. Padahal ia bukan sama sekali tidak bisa mendengar, namun memiliki kesulitan untuk mendengar secara sempurna.

Penyebabnya berbeda menurut beberapa sumber. Ada yang menyebut karena demam scarlet yang menyerangnya ketika ia masih anak-anak serta beberapa kali infeksi bagian tengah telinga yang tidak diobati. Ada juga yang menyebutkan karena telinganya dipukul dengan keras oleh kondektur kereta api ketika laboratorium kimianya di gerbong barang terbakar.


Tapi satu hal yang pasti: Thomas Alva Edison benar-benar mensyukuri kesulitan mendengar yang dialaminya. Dia mengatakan bahwa hal itu membuatnya lebih mudah baginya untuk berkonsentrasi pada eksperimennya,

2. Surat kabar di atas kereta pertama

Kegemaran Edison bereksperimen di gerbong kereta api membuatnya memiliki laboratorium di dalam gerbong barang meski akhirnya laboratorium itu terbakar. Edison kemudian membangun kembali laboratorium kimia dan percetakan di bagasi mobil. Dari sinilah ia mempublikasikan Grand Trunk Herald yang merupakan surat kabar pertama yang dipublikasikan di atas kereta.

3. Dot dan Dash


Thomas Alva Edison memiliki 3 orang anak dari pernikahannya dengan Mary Stilwell. Dua orang anaknya diberi nama panggilan unik, Dot (Marion Estelle Edison) dan Dash (Thomas Alva Edison Junior), yang diduga diambilnya dari lambang yang digunakan dalam sandi Morse yaitu titik “.” dan garis “-”.
 

4. Melamar Mina dengan kode Morse

Setelah Mary Stilwell meninggal dunia, Edison bertemu Mina Miller yang adalah seorang anak penemu, Lewis Miller. Thomas Alva Edison mengajari Mina memahami kode Morse agar mereka berdua dapat berkomunikasi secara rahasia tanpa diketahui orang lain dengan ketukan kode di tangan mereka. Suatu hari Edison bertanya kepada Mina: .- – ..- .-.. -.. -.- – ..- – .- .-. .-. -.- – . yang kemudian dijawab Mina dengan: -.- . … Tak lama kemudian, keduanya pun menikah.
 

5. Menolak disebut gagal

Thomas Alva Edison memprotes sebuah surat kabar yang memuat judul berita utama: “Setelah 9.955 kali gagal menemukan bola lampu pijar, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala”. Edison kemudian meminta judul berita itu diganti. Keesokan harinya, atas permintaan Edison, surat kabar itu mengganti judul berita utamanya menjadi: “Setelah 9.955 kali berhasil menemukan lampu yang gagal menyala, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala”
 

6. Paten pertama yang gagal

Pada tahun 1869, di usianya yang ke-22, Edison memperoleh paten pertamanya untuk mesin perekam suara telegrafik yang dirancangnya untuk badan legislatif. Dengan alat temuannya itu, setiap anggota badan legislatif cukup menggerakkan satu tombol pada mesin yang akan merekam RUU yang dipilihnya. Sayangnya, alat tersebut ditolak badan legislatif karena cara kerjanya yang lambat.

7. Mesin tato, Pada tahun 1876

Edison mematenkan Stencil-pens, sebuah alat yang kemudian dimodifikasi Samuel O’Reilly untuk menjadi mesin tato pertama. Namun Thomas Alva Edison tetap dianugerahi penghargaan atas penemuan mesin tato yang pertama.
 

8. Laboratorium riset industri pertama

Setelah menjual quadruplex telegraf yang dibeli Western Union seharga $10 ribu, Edison menggunakan uang yang diperolehnya untuk membangun sebuah tempat yang sengaja akan dikhususkannya untuk terus menghasilkan serta mengembangkan produk inovasi teknologi secara masal. Tempat yang terletak di Menlo Park, New Jersey itu akhirnya berkembang menjadi laboratorium riset industri pertama di dunia.
 

9. Penyihir Menlo Park

Julukan tersebut didapat Edison setelah berhasil menemukan fonograf pada tahun 1877 sekaligus mengangkat popularitasnya. Pencapaian itu sangat tidak disangka-sangka oleh banyak orang sehingga tampak seperti sihir. Fonograf pertamanya berhasil merekam suara pada kertas timah yang mengelilingi sebuah silinder beralur. Namun kulitas suara yang dihasilkan masih buruk dan hasil rekamannya hanya bisa diputar ulang beberapa kali saja.
 

10. Listrik untuk semua

Konsep dan implementasi pembangkit tenaga listrik beserta pendistribusiannya ke rumah, kantor, dan pabrik sangat penting dalam perkembangan dunia industrialisasi modern. Edison lah yang pertama kali muncul dengan konsep itu. Pembangkit tenaga listriknya yang pertama dibangun di Manhattan Island, New York pada 1882.

0 Response to "10 Fakta Tentang Thomas Alva Edison"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel