Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Internet Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Modem DSL [Sumber Gambar]
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking yang berarti Internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh jaringan komunikasi dengan menggunakan media elektronik di seluruh dunia.

Secara umum hampir seluruh orang sudah mengenal dan menggunakan Internet baik itu di Dunia maupun di Indonesia. Di era modern saat ini penduduk dunia sudah menjadi ketergantungan untuk menggunakan internet, dikarenakan merekah sudah merasakan dampak positif dari internet seperti dapat memperoleh informasi secarah cepat dan praktis dak kemudahan lainnya.

Khususnya bagi generasi milenial bahkan pada usia anak-anak generasi saat ini sudah mengenal hand phone, dan pada usia sekolah dasar generasi milenial sudah mampu untuk berselancar dengan sangat baik di dunia Internet dan menuggunakan sosial media menggunakan Gadget yang mereka miliki.

Namun tentang sejarah bagaimana Internet di ciptakan?, mungkin masih banyak orang yang tidak tahu proses-proses penemuan Internet hingga bisa di gunakan oleh seluruh penjuru bumi pada saat ini.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Sejarah Penemuan Internet mari kita bahas bersama Lets Go......

Sejarah Penemuan Internet

Sejarah penemuan Internet bermula pada tahun 1969, pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu Defense Advanced Research Projects Agency yang lebih dikenal dengan sebutan DARPA. Pada saat itu Amerika Serikat memutuskan untuk mengadakan sebuah riset penelitian tentang cara menghubungkan beberapa perangkat komputer untuk membentuk sebuah jaringan organik.

Program riset yang dilakukan oleh Amerika Serikat ini diberi nama ARPANET yaitu singkatan dari (Advanced Research Project Agency Network), dimana para peneliti mencoba untuk mendemontrasikan bagaimana jika dengan menggunakan hardware dan software komputer yang berbasis Unix.

Tujuan awal untuk diciptakannya proyek Internet oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) adalah sebagai keperluan militer untuk membangun sebuah sistem jaringan  yang saling terhubung dengan beberapa komputer yang terletak di setiap wilayah-wilayah vital Amerika Serikat.

Dengan dibangunnya sebuah jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain maka akan sangat membantu untuk mengatasi masalah yang akan terjadi bila terjadi serangan nuklir di setiap bagian wilayah dan juga untuk mengatasi terjadinya informasi terpusat, yang apabila terdadinya sebuah perang dapat mudah untuk dihancurkan.

Pada awal mula ditemukannya Internet, Arpanet hanya dapat menghubungkan sebanyak 4 situs saja, situs-situs tersebut yaitu, Stanford Research Institute, University of Utah, University of California, dan Santa Barbara, empat situs tersebut membuat suatu sistem jaringan terpadu yang dilakukan pada tahun 1969, dan pada bulan Oktober 1972 sistem jaringan tersebut secara umum diperkenalkan ke publik oleh ARPANET.

Tidak lama setelah ARPANET di perkenalkan kepada publik, proyek ini kemudian dilirik oleh berbagai Universitas, Perusahaan, dan oleh bidang lainnya, membuat proyek ini dapat berkembang hingga sangat pesat menyebar di seluruh daerah.

Pada saat semua Universitas di Amerika Serikat ingin bergabung dalam jaringan ARPANET, sehingga membuat pihak ARPANET kesulitan untuk mengurus dan mengatur jaringan semua pihak yang terhubung.

Setelah begitu banyaknya permintaan dari pihak-pihak lain untuk mengembangkan jaringan internet, maka ARPANET akhirnya dibagi menjadi dua yaitu jaringan ARPANET dan MILNET. Jaringan ARPANET digunakan untuk khusus untuk menghubungkan jaringan non militer seperti Universitas, Perguruan tingga, Perusahaan dan lain lain. Sedangkan MILNET digunakan khusus untuk mengatasi keperluan Militer Amerika Serikat.

Dari kedua jaringan tersebut ARPANET dan MILNET maka terbentuknya sebuah jaringan yang sangat luas yang dikenal dengan nama DARPANET, yang kemudian nama tersebut disederhanakan menjadi Internet yang kita kenal sekarang ini.

Penemu Internet Profesor Leonard Kleinrock

Mungkin terdapat sebuah pertanyaan yang muncul dari dalam pikiran kita saat sedang berselancar menggunakan jaringan Internet, kita mungkin bertanya-tanya dan penasaran tentang bagaimana Internet diciptakan? dan siapakah penemu Internet?.

Profesor leonard kleinrock adalah seorang insinyur dan ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat, Leonard Kleinrock merupakan orang yang disebut sebagai bapak internet yang merupakan seorang penemu jaringan Internet. Leonard Kleinrock keberja sebagai seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains.

Leonard kleinrock mengembangkan teori matematika dari jaringan paket, yang pada kemudian menjadi teknologi yang mendasari penemuan Internet, sementara itu dari seorang mahasiswa pascasarjana di MIT pada periode 1960-1962. Kelahiran Internet terjadi di laboratorium UCLA Boelter Hall yang terletak di Westwood Plaza, Los Angeles, Amerika Serikat. Ketika komputer yang digunakan sebagai Host-nya menjadi simpul pertama Internet pada bulan September 1969 dan dari situlah leonard kleinrock mengarahkan transmisi pesan pertama untuk melewati Internet pada tangga 29  Oktober 1969.

Dr. Kleinrock menerima gelar Ph.D. dari Universitas MIT pada tahun 1963. Dan Leonard kleinrock telah menjabat sebagai Profesor Ilmu Komputer di University of California, Los Angeles sejak saat itu, Leonard Kleinrock menjabat sebagai Chairman of the department pada tahun 1991 sampai pada tahun 1995. Leonard Kleinrock juga menerima gelar BEE dari CCNY, gelar tersebut diterimanya pada tahun 1957. dan gelar MS-nya dari MIT pada tahun 1959.

Dr. Kleinrock juga merupakan seorang penerima sejumlah Honorary Doctorates. Dr. Kleinrock juga menjadi Presiden pertama dan merupakan salah satu pendiri Linkabit Corporation, selain itu Dr. Kleinrock juga menjadi pendiri Nomadix, Inc.,dan menjabat sebagai Ketua TTI / Vanguard, yang merupakan sebuah organisasi forum teknologi maju.

Dr. Kleinrock telah menerbitkan lebih dari 250 makalah dan sudah menulis enam buku dalam berbagai topik, ke enam bukunya yaitu packet switching networks, packet radio networks, local area networks, broadband networks, gigabit networks, nomadic computing, intelligent software agents, performance evaluations, and peer-to-network transmitters. Buku-buku tersebut di tulis oleh Dr. Kleinrock selama masa jabatannya di UCLA.

Arpanet merupakan sebuah jaringan komputer yang pertamakali dibuat oleh Kleinrock. Pesan pertama pada Arpanet dikirim oleh mahasiswa programmer UCLA, Mahasiswa tersebut bernama Charley Kline,  yang dilakukan pada tanggal 29 Oktober 1969. Charley Kline dibimbing oleh Kleinrock yang saat itu menjabat sebagai profesor di UCLA untuk melakukan transmisi pertama menggunakan teknologi jaringan yang sedang dikembangakan tersebut diberi nama internet.

Pada awalnya percobaan yang dilakukan oleh Kleinrock untuk mengirimkan sebuah transmisi yang terdiri dari lima kata, yaitu "LOGIN". Namun sambungan ini hilang tepat sebelum huruf "G" berhasil dikirimkan. Jadi, hanya 2 huruf yang dapat terkirim yaitu huruf "L" dan huruf "O", yang muncul pada layar komputer di Standord Research Institute, yang berjarak dari lokasi pengiriman transmisi sekitar 314 mil. Meskipun percobaan pertama yang dilakukan tersebut gagal, tapi Kleinrock senang karena telah berhasil melakukan transmisi jarak jauh lewat jaringan komputer pertama kali di dunia.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang Sejarah Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

0 Response to "Sejarah Internet Penemuan Terpenting Dalam Sejarah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel