Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Teknologi Informasi [Sumber Gambar]

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi.

Teknologi Komunikasi adalah sebuah seperangkat peralatan baik hard ware maupun program yang mengandung nilai-nilai sosial yang dapat membuat setiap individu yang menggunakan teknologi informasi dapat mengumpulkan, memproses, dan saling bertukar invormasi satu sama lain.

Teknologi Komunikasi akan terus berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun, bagitu juga dengan teknologi-teknologi yang lain. Ilmu-ilmu komunikasi pun juga mengalami perkembangan hingga terciptannya sebuah teknologi komunikasi modern.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi mari kita bahas bersama Lets Go......

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Sebelum membahas tentang sejarah komunikasi sebaiknya kita mengetahui dahulu seperti apa sebuah teknologi yang dapat digolongkan menjadi sebuah teknologi komunikasi. Salah satu ciri dari teknologi komunikasi adalah sebuah teknologi sebagai sarana interaksi atau komunikasi yang dapat di terapkan dalam sebuah alat atau hardware

Teknologi Komunikasi memang sudah memang tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi ini yang paling sering mengalami perkembangan, bahkan teknologi komunikasi telah ada pada masa prasejarah.

Sejarah perkembangan teknologi komunikasi dibagi dan digolongkan menjadi 3 Masa, yaitu pada masa prasejara, masa sejarah dan pasca sejarah, dan masa modern. Berikut adalah pembahasannya :

Masa Prasejarah

Meskipun manusia pada masa prasejarah sama sekali belum mengenal sebuah teknologi, tetapi manusia purba pada saat itu memulai melakukan sebuah proses komunikasi dengan cara membuat lukisan pada dinding-dinding gua tempat mereka tinggal.

Biasanya manusia purba membuat gambar berdasarkan aktifitas yang telah mereka lakukan, seperti berburu, maka tak heran jika banyak sekali gambar pada dinding gua yang menggambarkan tentang gambaran manusia purba yang sedang berburu.

Teknologi komunikasi yang digunakan oleh manusia purba saat itu hanya berupa gambar yang dilukis atau diukir pada sebuah dinding gua, selain itu komunikasi manusia purba terus berkembang dari menggunakan sebuah ukiran pada dinding berkembang hingga menggunakan bahasa isyarat.

Perkembangan Teknologi pada masa prasejerah ini berakhir dengan terciptanya suatu alat yang berbentuk semacam kentongan yang dibuat menggunakan tanduk hewan hasil buruan merekan, gentongan yang terbuat dari tanduk hewan tersebut berfungsi untuk menyampaikan informasi memalui bunyi.

Manusia purba juga menggunakan api dan asap sebagai teknologi komunikasi mereka, serta manusia purba juga mulai menggunakan sebuah simbol-simbol piktograft dan hieroglyph yang berfungsi sebagai huruf untuk berinteraksi.

Masa Sejarah

Pada masa ini teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, pada masa inilah mulai ditemukannya teknologi-teknogi yang kemudian akan menjadi sebuah cikal-bakal teknologi di masa modern.

Pada masa sejarah bangsa mesir mulai menggunakan huruf hieroglyph yang diwajibkan untuk digunakan untuk mewakili setiap ungkapan dan pembicaraan yang dilakukan pada saat itu.

Bangsa Cina mengawali masa sejarah dengan menemukan kertas pertamakali sebagai perkembangan bahasa tulis, kertas inilah yang kemudian menjadi cikal-bakal kertas yang digunakan pada saat ini. Bangsa Cina membuat kertas menggunakan serat yang terbuat dari pohon bambu yang dihaluskan, dicuci, disaring, diratakan, dan kemudian dikeringkan.

Dengan ditemukannya kertas ini sebagai media komunikasi, maka mendorong terciptanya sebuah teknologi percetakan sederhana yang pada saat itu menggunakan balok kayu yang telah di lumuri tinta dan kemudian di capkan pada kertas, serupa dengan menggukan stempel pada saat ini.

Masa Modern

Pada masa inilah sangat banyak teknologi komunikasi yang canggih di ciptakan dan teknologi tersebut akan terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Beberapa peralatan sebagai teknologi komunikasi yang telah di temukan pada masa modern adalah sebgai berikut:
  • Mesin Cetak (1455)
Johann Guttenberg menciptakan sebuah mesin cetak yang pertama kali pada tahun 1455, mesin cetak tersebut menggunakan pelat huruf yang diciptakan dari besi. Pelat besi tersebut dapat diganti menggunakan  bingkai yang terbuat dari kayu.
  • Mesin Analitik (1830)
Charles Babbage menciptakan mesin analitik yang berfungsi untuk input atau memasukkan data, dan mengolahnya kemudian mengeluarkan atau output berupa kartu. Dengan menggunakan mesin analitik ini.
  •  Telegraf dan Kode Morse (1837)
Pada tahun 1837, diciptakan mesin telegraf dan kode morse oleh Samuel Morse bersama dengan dua kawannya, yaitu Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone..
  • Film Pertama (1861)
Film merupakan sebuah alat komunikasi yang berfungsi dan bertujuan untuk mengungkapkan gagasan dari film tersebut kepada orang banyak.
  • Pesawat Telepon dan Fotografi (1877)
Pada tahun 1877, Alexander Graham Bell berhasil menciptakan dan mengembangkan sebuah perangkat telepon yang dipergunakan secara umum untuk pertama kali. Pada masa ini, ditemukan pula teknologi fotografi yang pertama kali dengan menggunakan kecepatan tinggi oleh Edward Maybridge.
  • Pita Penyimpan Magnetis (1899)
Pada tahun 1899 pertama kali diciptakan sebuah sistem penyimpanan dalam pita magnetis yang terbuat dari pita plastik kuat yang disebut dengan nama Mylar, dengan salah satu sisi pita tersebut dilapisi dengan bahan magnet sejenis iron oxide.
  • Televisi Tabung (1923)
Pada tahun 1923 Zvorkyn berhasil menciptakan sebuah televisi tabung dengan menggunakan komponen-komponen berupa tabung vakum.
  • Hiperteks (1945)
Pada tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sebuah sistem pengkodean menggunakan hiperteks. Dengan pengkodean hiperteks tersebut sistem dapat menciptakan halaman-halaman web yang digunakan dalam dunia internet.
  • Komputer Digital (1946)
Setelah satu abad terciptanya mesin analytical machine yang diciptakan oleh Charles Babbage, komputer digital berjenis (ENIAC I) pertama kali di dunia diciptakan pada masa ini.
  • Transistor (1948)
Para peniliti mengembangkan sebuah transistor yang kemudian berfungsi untuk menggantikan tabung vakum yang sebelumnya digunakan pada komputer generasi pertama. Selain transistor memiliki ukurang yang jauh lebih kecil daripada tabung vakum, transistor juga membutuhkan listrik yang kecil dan tidak menimbulkan panas yang mengganggu seperti tabung vakum.
  • Jaringan Komputer Desentralisasi (1962)
Pada tahun 1962 Rand Paul Barand ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang memiliki fungsi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir pada waktu itu.
  • Jaringan Komputer Pertama di Amerika Serikat (1969)
Pada tahun 1969 mulai dikembangkannya sistem jaringan yang pertama diberntuk dengan menghubungkan empat titik tempat dengan kekuatan sekitar 50 Kbps.
  • Program E-mail (1972)
Pada tahun 1972 Ray Tomlison pertama kali menciptakan sebuah program e-mail yang berfungsi untuk pengiriman pesan teks atau surat secara elektronik melalui media internet.
  • Internet (1973 - 1990)
Istilah internet pertama kali diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol, yang kemudian dilanjutkan dengan dilakukan pengembangan pada sistem protokol jaringan.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel