Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober LENGKAP

Pengerajin Batik [Sumber Gambar]

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Mungkin anda bingung dan  bertanya-tanya kenapa setiap awal bulan Oktober pasti sering sekali mendengar kata batik, mulai dari pasar, di sekolah, di kampus, bahkan di televisi sedang membicarakan batik. Jawabannya adalah pada tanggal 2 Oktober merupakan hari perayaan untuk memperingati hari batik nasional.

Masyarakat Indonesia selalu menyambut dengan gembira hari Batik Nasional, bahkan para guru dan pegawai negeri diwajibkan untuk mengenakan batik. Tentu saja hal ini juga membuat para penjual batik dan toko-toko batik baik online maupun offline ikut melebarkan sayapnya dengan melakukan diskon besar-besaran pada produk batik yang dijualnya.

Sekarang kita tahu tanggal 2 Oktober adalah hari batik nasional, tapi sudah tahuka bagaimana sejarah dari hari batik tersebut ?, dan kenapa tanggal 2 Oktober dipilih sebagai hari Batik Nasional yang selalu diperingati setiap tahun?

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Sejarah Peringatan Hari Batik Nasional mari kita bahas bersama Lets Go......

Sejarah Hari Batik

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia luar oleh presiden Indonesia yang ke 2 yaitu bapak Soeharto pada saat bangsa indonesia mengikuti konferensi PBB. Pada saat itu batik sempat di tinggalkan oleh masyarakat Indonesia khususnya para pemuda yang tidak peduli akan budaya luar biasa yang dimilikinya.

Hingga akhirnya budaya batik hampir di klaim oleh negara Malaysia yang merupakan negara tetangga yang berdekatan dengan pulau kalimantan ini, mulai mengakui bahwa batik adalah budaya dari Malaysia. Pada saat itulah masyarakat mulai sadar dan terbangun bahwa batik adalah budaya warisan dari leluhur dan nenek moyang yang harus terus di lestarikan.

Menghadapi permasalahan itu masyarakat Indonesia dan pihak permintah tidak tinggal diam melihat budaya batik yang merupakan budaya peninggalan dari leluhur dan bernilai seni tinggi di klaim begitu saja oleh Malaysia sebagai miliknya.

Pada tahun 2008, pemerintahan Indonesia melakukan tindakan untuk mendaftarkan batik kedalam kategori warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Setelah setahun berlalu pada tanggal 9 Januari 2009 batik diterima oleh UNESCO dan dunia International.

Kemudian pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO mengesahkan Batik Indonesia sebagai penginggalan warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang diresmikan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pada saat itu tahun 2009 adalah pada masa kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Presiden SBY.

Pada saat itulah sejarah hari batik nasional berawal pada saat UNESCO menetapkan budaya Batik Nasional Indonesia sebagai bentuk budaya warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi atau warisan yang bukan benda. atau dalam bahasa inggris disebut dengan "Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity".

Setelah UNESCO menetapkan batik sebagai "Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity", pada saat itu juga masyarakat Indonesia menetapkan hari itu sebagai Hari Batik Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Oktober.

Namun jika mengulas sejarah budaya batik sudah ada sejak lama di Indonesia, diperkirakan sejarah budaya batik telah ada sejak jaman kerajaan Majapahit yang dibuktikan dengan peniggalan kerajaan majapahit di wilayah mojokerto dan bonorowo atau pada saat ini berganti nama menjadi tulungagung yang ditemukannya batik dari sisa-sia peninggalan dari kerajaan Majapahit.

Seiring dengan perkembangan zaman budaya batik berlanjut dan berkembang ke kerajaan Mataram, kemudian berlamjut berkembang di kerajaan Solo dan Yogyakarta. Namun pada zaman dahulu pakaian batik hanya boleh digunakan khusus untuk kaum bangsawaan kerajaan, sedangkan rakyat biasa dilarang keras untuk menggunakan batik.

Sumber Referensi : Tribunjogja.com

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang Sejarah Peringatan Hari Batik Nasional Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

0 Response to "Sejarah Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober LENGKAP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel