Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Pencak Silat di Indonesia Lengkap

Pencak Silat [Sumber Gambar]
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Pencak Silat di Indonesia Lengkap.

Pencak Silat atau disebut juga dengan Silat merupakan sebuah seni bela diri yang bersifat tradisional yang berasal dari wilayah kepulauan nusantara indonesia. Seni bela diri adalah sebuah seni yang muncul di kalangan masyarakat yang bertujuan untuk mempertahankan atau membela diri dan melindungi orang lain.

Seni bela diri pencak silat sudah sangat lama sekali muncul dan merupakan sebuah warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia, dan kemudian disebar luaskan sehingga pencak silat dikenal luas sampai di Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei, Filipinda, dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Sekarang ini seni bela diri pencak silat telah menjadi cabang olah raga yang ikut diperlombakan di ajang Asian Games.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Sejarah Pencak Silat di Indonesia Lengkap mari kita bahas bersama Lets Go......

Sejarah Pencak Silat

Nenek moyang dari bangsa indonesia dikenal memiliki kemampuan untuk membela diri yang bertujuan untuk mempertahankan dan melindungi dirinya sendiri, orang lain, dan kelompoknya untuk menghadapi tantangan alam yang begitu ganas.

Untuk menghadapi tantangan alam untuk bertahan hidup, maka mereka menciptakan teknik-teknik bela diri dengan pola gerakan meniru gerakan-gerakan binatang yang ada di sekitar mereka, seperti gerakan burung elang, ular, kera, harimau, dan hewan-hewan lainnya.

Seni bela diri pencak silat diperkirakan mulai menyebar di Nusantara pada abad ke 7 masehi, akan tetapi asal mula pencak silat belum dapat diketahui dengan pasti dari mana asalnya.

Bukti adanya seni bela diri pencak silat dapat diketahui dari kerajaan-kerajaan besar yang telah menguasai Nusantara seperti kerajaan Sriwijaya, dan kerajaan Majapahit, yang telah disebutkan kerajaan tersebut memiliki pendekar-pendekar besar yang menguasai ilmu bela diri dan mereka dapat menghimpun prajurit yang mahir dalam bela diri.

Selain itu peneliti pencak silat bernama Donald F.Draeger berpendapat bahwa bukti-bukti adanya seni bela diri pencak silat dapat dilihat dari berbagai artefak dan senjata peninggalan yang ditemukan dari masa kerajaan Hindu-Budha, serta pahatan pada relief -relief yang menggambarkan sikap kuda-kuda pencak silat di Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Tradisi seni bela diri pencak silat diturunkan dan disebarkan melalui lisan dan menyebar dari mulut ke mulut, diajarkan dari guru ke murid, sehingga catatan tertulis mengenai asal mula seni bela diri pencak silat sulit untuk ditemukan.

Seni bela diri pencak silat telah tersebar dan dikenal oleh sebagian besar masyarakat rumpun melayu, dan pencak silat pun memiliki berbagai nama seperti di Malaysia disebut "gayong", di Singapura disebut "cekak", di Thailand disebut dengan "pesilat", dan di filipina dikenal dengan "pasilat".

Kalau dilihat dari namanya "silat" dapat diketahui bahwa istila silat yang paling banyak menyebar luas, sehingga diduga bahwa ilmu seni bela diri pencak silat menyebar dari daerah Sumatera kemudian disebarkan ke berbagai kawasan di Asia Tenggara.

Setiap daerah pasti pada umumnya memiliki seorang tokoh persilatan atau yang disebut dengan pendekar yang dibanggakan seperti, Prabu Siliwangi sebagai tokoh pencak silat yang berasal dari Sunda Pajajaran, Hang Tuah yang merupakan seorang panglima dari Malaka, Gajah Mada seorang mahapatih dari kerajaan Majapahit yang terkenal dengan sumpah palapanya, dan Si Pitung pendekar pencak silat dari Betawi.

Perkembangan Pencak Silat

Sejarah perjalan seni bela diri pencak silat di Indonesia memang sudah sangat lama, namun sejarah pencak silat baru terlihat sangat jelas pada saat berdirinya sebuah organisasi pencak silat IPSI yang merupakan singkatan dari Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Sejak berdirinya organisasi IPSI nama pencak silat resmi digunakan, pada saat sebelum nama pencak silat diresmikan di daerah Sumatera dikenal dengan sebutan Silat, sedangkan di pulau jawa kebanyakan dikenal dengan pencak silat.

Pada saat masa kepemimpinan Eddie M. Nalapraya, Bangsa Indonesia berkeinginan untuk bisa mengembangkan seni bela diri pencak silat ke manca negara, oleh karena itu di bentuklah PERSILAT kepanjangan dari Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa pada tanggal 11 Maret 1980 yang diikuti oleh empat negara yaitu Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, dan Indonesia yang kemudian ke 4 negara terebut diakui sebgai pendiri dari oraganisasi pencak silan Internasional.

Upaya pengembangan seni bela diri pencak silat yang dipelopori oleh negara Indonesia beserta negara-negara anggota dari Persilat lainnya, sampai saat ini terus menambah anggota Persilat, yang bertujuan untuk memasukkan pencak silat ke multi event di tingkat Asia seperti Sea Games, Asian Games, dan perlombaan kelas internasional lainnya.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang Sejarah Pencak Silat di Indonesia Lengkap Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Pencak Silat di Indonesia Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel