Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Android Lengkap Dari Versi A Sampai Android Oreo

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Android Lengkap Dari Versi A Sampai Android Oreo.

Saat ini sistem operasi android memang sangat populer, hampir semua orang di seluruh dunia baik dari kalangan anak-anak, dewasa, hingga orang tua akrab dengan android yang selau setia menemani aktifitas sehari-hari.

Android adalah sebuah software atau perangkat lunak yang menggunakan sistem operasi berbasis linuk dengan menggunakan kode open source atau sumber terbuka yang dirancang untuk di gunakan pada perangkat yang menggunakan touch screen atau layar sentuh seperti smartphone, dan komputer tablet.

Perlu anda ketahui bahwa sistem operasi android saat ini telah menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smart phone di seluruh dunia yaitu 85,2% pengguna pada tahun 2019, dengan samsung sebagai brand yang paling banyak di gunakan, data tersebut berdasarkan data analisa dari International Data Corporate (IDC).

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Sejarah Android Lengkap Dari Versi A Sampai Android Oreo mari kita bahas bersama Lets Go......

Sejarah Android


Sejarah Andoid dimulai dari sebuah perusahaan bernama Android Inc yang merupakan sebuah perusahaan software kecil yang didirikan di Palo Alto, California, USA. Android Inc didirikan oleh beberapa orang yang merupakan seorang senior dari beberapa perusahaan berbasis IT dan Communication.

Pendiri Android Inc yaitu Andy Rubin seorang pendiri dan mantan ceo Danger, Inc. Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc. Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan Chris White yang merupakan seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka Web TV.

Android Inc didirikan untuk mengembangkan sebuah perangkat seluler pintar yang memiliki fungsi lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya dengan tujuan utamanya untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang digunakan pada kamera digital, namun pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, sehingga di alihkan untuk telepon pintar sebagai pesaing dari Symbian dan Windows phone.

Meskipun perusahaan Android Inc, dikembangkan oleh pakar-pakar teknology yang berpengalaman namun Android Inc dioperasikan secara diam-diam dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang sedang berusaha untuk menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi telepon seluler.

Pada tanggal 17 Agustus 2005 perusahaan raksasa google membeli dan mengakuisisi Android Inc, dan menjadikan perusahaan Android Inc tersebut sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh google, yang artinya google juga membawa para pakar pendiri dan pengembang android inc di bawah naungannya.

Di perusahaan google Andy Rubin memimpin sebuah tim yang mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan Linux sebagai dasar untuk sistem operasi android. Android sendiri di tawarkan kepada produsen ponsel secara gratis untuk menjadi mitra kerjasama. Namun sampai akhir dari bulan Desember tahun 2006, google masih belum menciptakan apa-apa.

Pada tanggal 22 Oktober 2008 barulah google meluncurkan sebuah ponsel komersil yang pertama kali menggunakan sistem operasi berbasis android ponsel tersebut diberinama dengan HTC Dream.

Pada tahun 2008 setelah berselang dua tahun perusahan Google meluncurkan produk baru ponsel pintar seri Nexus One yang proses pembuatannya dibantu oleh HTC. Kemudian muncullah berbagai merek smartphone dari OEM yang berbeda mulai dari Lenovo, HTC, Samsung, Asus, LG dan brand lain sebagainya.

Sejak tahun 2008 Google mulai melakukan sejumlah update pembaruan sistem, yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi android tersebut dengan melakukan penambahan fitu-fitur baru, memperbaiki bug pada versi android sebelumnya secara bertahap.

Setiap versi dari android yang dirilis di beri nama seperti nama-nama makan ringan pencuci mulut, seperti cupcake, donut, eclair, froyo, ginggerbread, honeycomb, icecreem sanwitc, jelly bean, kitkat, lolipop, dan lain sebagainya. Total, sampai dengan bulan September tahun 2013 sedikitnya ada 1 miliar perangkat lunak sistem operasi Android telah diaktifkan di seluruh penjuru dunia dengan lebih dari 4 miliar aplikasi yang telah terpasang dari Google Play Store.

Urutan Versi - versi Android

Dengan perkemkembangan teknologi yang sangat pesat, android telah berhasil menjadi sistem operasi pada smartphone dan komputer tablet yang paling popoler didunua. OS hasil rancangan perusahaan raksasa GOOGLE ini memang telah membius banyak pengguna smartphone untuk menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Seiring dengan berjalannya waktu Android mengalami beberapa update pembaruan sistem, yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi android tersebut, dengan melakukan penambahan fitu-fitur baru, memperbaiki bug pada versi android sebelumnya secara bertahap.Hasil dari update pengembangan Android ini menghasilkan versi dan nama Android sebagai berikut:

Android pre-commercial release (2007-2009)


  • Android Apple Pie

Terdapat setidaknya dua versi android yang telah dirilis oleh GOOGLE dan OHA sebelum versi Android Beta dirilis pada bulan November 2007. Versi Alpha diberi kode nama seperti nama-nama robot fiksi dengan nama "Astro Boy, Bender, dan R2-D2".

  • Android Banana Bread

Android Beta diluncurkan pada tanggal 5 November 2007, sedangkan software development kit atau yang biasa kita sebut dengan SDK telah dirilis pada tanggal 12 November 2007. Android versi ini dikenal jugan dengan android versi 1.1 Android ini memiliki fitur Mampu menyimpan attachment dalam pesan, dan kemampuan untuk menampilkan atau menyembunyikan dialpad.

Commercial Version (2009-Sekarang)



  • Android Cupcake (Android 1.5)

Android Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009, Android Cupcake adalah Android yang pertama kali menggunakan nama makanan pencuci mulut sebagai nama versi android. Nama Cupcake diambil dari sebuah nama kue yang berukuran kecil yang dibuat dengan dipanggang arau di oven dengan alas atau tempat cetakan kue yang berbentuk cup. Konon katanya versi dari android cupcake seharusnya adalah 1.2, namun google membuat begitu banyak update besar terhadap versi tersebut sehingga membuatnya menjadi versi 1.5.

Android Cupkake mendapat beberapa penambahan fitur dan peninggkatan baru dibandingkan versi android sebelumnya.

Android Cupcake memiliki fitur merekam menggunakan kamera smartphone dengan bersamaan dapat mengupload video ke chanel youtube secara langsung, dan juga Android Cupcake sudah support untuk menampilkan widget-widged miniatur yang bisa disematkan ke layar utama, seperti shortcut.

  • Android Donut (Android 1,6)

Android Donut dirilis pada tanggal 15 September tahun 2009. Android Donut merupakan android versi 1.6. Pada versi android Donut ini mendapat beberapa perbaikan seperti kesalahan pada saat booting smartphone dan perubahan sistem pada fitur foto dan video serta peninggkatan hasil pencarian yang lebih baik.

Android Donut mendapat fitur terbesar adalah telah mendapat dukungan atau support dengang CDMA yang dapat memperluas pasar pengguna baru ke smartphon android. Teknologi CDMA merupakan singkatan dari "Code Division Multiple Acces" yang pada waktu itu digunakan oleh jaringan mobile di Amerika.

Nama Donut diambil dari sebuah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng, pada umumnya kue donat berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya atau mirip dengan bentuk seperti cincin.

Android Donut memiliki fitur Navigasi Google Maps yang ditambah dengan dukungan Navigasi Satelit. Android Donut juga menyertakan fitur galleri yang berfungsi untuk mempermudah user untuk memperlancar penangkapan media, pengenalan Search box, dan juga Toggling cepat antara kamera.

  • Android Eclair (Andorid 2.0-2.1)

Android Eclair dirilis pada tanggal 26 Oktober tahun 2009. Setelah setahun dari peluncuran android versi 1.0 kini goole merilis android versi 2.0 dengan nama Eclair. Android Eclair ini adalah versi android yang pertama yang mendapat suppor dukukungan teknology Text-to-speech yang merupakan sebuah teknology yang mengkonversikan tulisan menjadi suara.

Nama Eclair diambil dari nama sebuah kue yang merupakan makanan penutup yang berupa kue berbentuk persegi panjang yang pada bagian atasnya dilapisi krim dan di tutup dengan lapisan coklat.

Android Eclair memiliki fitur seperti dukukungan multi touch pada layar smartphone yang membuat kita dapat melakukan perintah dengan menyentuh lebih dari satu titik pada layar android, dukungan untuk mencari kata atau kalimat tulisan pada tesan teks, serta telah suport untuk menambahkan beberapa akun google pada smartphone.

  • Android Froyo (Android 2.2-2.3)

Android Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei tahun 2010. Nama Froyo ini diambil dari singkatan Frozen Yogurt yang merpakan sebuah makanan penutup. peluncuran android Froyo ini bersamaan dengan smartphone pertama yang menggunakan nama google Nexus, Nexus One yang dirilis dengan Android Froyo.

Pada Android Froyo ini mulai dilengkapi dengan fitur friendly user, diantara lain seperti fitur untuk melakukan opsi untuk mematikan akses data pada jaringan seluler.

Fitur-fitur tambahan yang terdapat pada android froyo seperti tersedianya hotspot wifi portable yang berfungsu untuk berbagi koneksi jaringan seluler dengan perangkat lain, penambahan Flash yang juga dapat digunakan untuk proses mengambilan video.

  • Android Ginggerbread (Android 2.3-2.3.7)

Android Ginggerbread dirilis pada tanggal 6 Desember 2010. Nama Ginggerbread diambil dari nama sejenis kue kering yang memiliki rasa dan aroma jahe. Kue Gingerbread biasanya dibuat pada saat perayaan hari libur pada akhir tahun di benua Amerika.

Google menunjukkan bahwa hanya sekitar 0,6 persen dari semua perangkat android yang pada saat ini masih menjalankan beberapa versi dari Android Ginggerbread. Fitur utama yang dimiliki oleh Android versi ini adala telah support dalam dukungan NFC, SIP untuk panggilan internet.

Fitur-fitur tambahan yang terdapat pada versi android Ginggerbread seperti UI Over haul yang berfungsi untuk menghindari screen burn in yang juga meningkatkan daya tahan baterai pada snartphone, telah support video call dengan dukungan kamera yang menghadap kedepan, fitur download manager untuk mengawasi lalu lintas download pada smartphone, meningkatan pada keyboar dan kursor untuk membantu melakukan kopi-paste tau copas.

  • Android Honeycomb (Androin 3.0-3.2.6)

Android Honeycomb dirilis pada tanggal 22 February tahun 2011. Pada dasarnya bertujuan untuk memperluas Android sehingga suport untuk layar pada tablet. Nama Honeycomb ini diambil dari nama sereal sarapan manis yang terbuat dari beberapa potongan jagung yang kemudian dibentuk menyerupai bentuk sarang lebah dengan rasa madu.

Android Honeycomb memiliki fitur antara lain perbaikan UI untuk pemanfaatan layar besar seperti tabet, widget yang lebih besar, tombol perangkat keras dijatuhkan untuk mendukung tombol in screen atau tombol pada layar, dan mengenalkan tablet browsing.

  • Android Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4)

Android Ice Cream Sandwich dirilis pada tanggal 19 Oktober 2001. Nama Ice Cream Sandwich diambil dari nama makanan pencuci mulut seperti es krim yang biasanya terdapat rasa vanila terjepit di antara dua kue cokelat, berbentuk persegi panjang.

Android Ice Cream Sandwich ini menghadirkan sejumlah fitur baru bagi user pengguna smartphone. Dalam versi ini menggabungkan banyak fitur dari versi android Honeycomb tablet dengan smartphone yang berorientasi pada Ginggerbread.

Android Ice Cream Sandwich disetai dengan fitur pengenalan wajah untuk membuka layar kunci pada smartphone, peningkatan pengalaman browsing sehingga lebih cepat dan nyaman, support ruang penyimpanan multi untuk aplikasi.

  • Android Jelly Bean (Android 4.1 - 4.3.1)

Android Jelly Bean dirilis pada tanggal 9 Juli tahun 2012. Nama Jelly bean diambil dari nama sejenis permen dalam beraneka macam rasa buah-buahan. Ukuran dari permen jellybean berbentuk seperti kacang merah. Permen ini memiliki tekstur yang keras pada bagian luar namun lunak di  bagian dalam dan lengket apabila permen ini digigit.

Fitur-fitur yang terdapat pada versi android JellyBean ini adalah fitur gerak atau aksesibilitas yang merupakan sebuah fitur baru pada smartphone, widget menyetel ulang diri mereka secara otomatis untuk menambahkan widget yang baru, mampu melihat foto dengan menggesek layar pada fitur kamera untuk menuju ke filmstrip, dan fitur google now yang merupakan sebuah tool yang membantu menampilkan informasi yang relevan berdasarkan history pencarian.

  • Android Kitkat (4.4)

Android KitKat dirilis pada tanggal 31 Oktober tahun 2013. KitKat merupakan merk dari sebuah produk makanan ringan sebuah permen cokelat yang dikeluarkan oleh perusahaan Nestle.

Android Kitkat merupakan versi android yang paling digemari oleh para pengguna smartphone di seluruh penjuru dunia, dikarenakan Android KitKat memiliki fitur yang istimewa dibandingkan dengan operasi sistem lainnya pada versi sebelumnya.

Fitur-fitur yang terdapat pada versi android KitKat ini adalah dukungan widget layarkunci, wallpaper layar penuh, emoji pada keyboard untuk emoticon, Aplikasi Hangout dan pepesanan terpadu, dukungan cloud print yang lebih baik, bar navigasi yang lebih baik untuk masuk dan keluar dari mode immersieve, immersive mode untuk konsumsi konten yang lebih baik, dan Integrasi Google Now yang lebih cerdas dan handsfree.

  • Android Lollipop (5.0)

Android Lollipop dirilis pada tanggal 15 Oktober tahun 2014. Nama Lollipop diambil dari sebuah nama permen manis dalam stickt yang biasanya berbentuk lingkaran atau bulat

Android lollipop merupakan hasil dari sebuah perancangan ulang terbesar untuk Android. Smartphone Google Nexus 6, Nexus 9 pada tablet, merupakan perangkat keras pertama yang memiliki sistem operasi android Lollipop yang telah terpasang sebelumnya.

Fitur-fitur yang terdapat pada versi android Lolipop ini adalah sistem layar kunci yang baru, Fitur Smart Lock melalui Layanan Google Play, Dukungan pengaturan cepat yang lebih baik, Mode tamu untuk berbagi perangkat, Masa pakai baterai yang disempurnakan dengan mode Battery

  • Android Marshmellow (Android 6.0)

Android Marshmellow dirilis pada tanggal 17 Agustus tahun 2015. Nama Marsmellow diambil dari sebuah makanan pencuci mulut yang merukapan makanan ringan atau manisan yang bertekstur lembut seperti busa dalam berbagai bentuk, ukuran, aroma, dan warna.

Tujuan dari android Marsmellow ini adalah untuk memoles sudut kasar pada android Lollipop supaya lebih baik dan nyaman.

Fitur-fitur yang terdapat pada versi android Marsmellow ini adalah Deep menghubungkan Apps. Model perizinan yang lebih baik untuk aplikasi. Dukungan sidik jari resmi untuk perangkat. Google Now di Tap. dan Dukungan untuk pembayaran seluler melalui Android Pay.

  • Android Nougat (Android 7.0)

Android Nougat dirilis pada tanggal 1 Juli tahun 2016. Nama Nougat diambil dari sebuah nama permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang dan beberapa buah kering. Nougat memiliki tekstur yang berfariasi antara lunak hingga keras tergantung bahan yang dipakai untuk membuat nougat.

Fitur-fitur yang terdapat pada versi android Nougat ini adalah Notifikasi dibundel. Hapus semua di layar aplikasi baru-baru ini. Multi Window untuk penggunaan dua aplikasi secara bersamaan sehingga membuat user bisa melakukan aktifitas dua aplikasi secara bersamaan. Pengaturan Cepat akan mengubah kustomisasi. Doze on the Go untuk waktu siaga yang lebih baik lagi. Balas langsung ke pemberitahuan membuat user bisa membalas pesan secara langsung dari layar pemberitahuan.

  • Android Oreo (Android 8.0)

Android Oreo dirilis pada tanggal 21 Maret tahun 2017. Nama Oreo diambil dari sebuah nama nama sebuah brand produk yang diproduksi oleh Nabisco. Oreo terdiri dari dua biskuit coklat dengan krim putih di tengahnya. Salah satu yang paling populer untuk memakan biskuit oreo ini adalah dengan mencelupkannya kedalam segelas susu.

Fitur-fitur yang terdapat pada versi android Oreo ini adalah Mengisi otomatis dan mengingat kata sandi dalam aplikasi. Android O memiliki koleksi emoji baru yang telah didesain ulang. Pemberitahuan untuk prioritas dan kategorisasi yang lebih baik. Waktu booting yang lebih cepat dua kali dibandingkan dengan Android Nougat. Pengelolaan warna lebih baik.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang Sejarah Android Lengkap Dari Versi A Sampai Android Oreo Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

0 Response to "Sejarah Android Lengkap Dari Versi A Sampai Android Oreo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel