Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Terbentuknya FIFA - Federation Internationale de Football Association


Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Berdirinya FIFA.

FIFA adalah kepanjangan dari Federation Internationale de Football Association dalam basa Prancis atau Federation of International Football Association dalam bahsa Inggris atau dalam bahasa Indonesia Federasi Internasional Sepak Bola.

FIFA merupakan sebuah organisasi induk dari olahraga sepak bola Internasional, FIFA memiliki tugas sebagai pengendali olahraga sepak bola dan memajukan perkembangan sepak bola di dunia.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Sejarah Berdirinya FIFA mari kita bahas bersama Lets Go......

Sejarah Terbentuknya FIFA

FIFA pertama kali dibentuk pada tanggal 21 Mei 1904 yang berlokasi di Paris ibu kota dari negara Prancis. Bertempat di belakang Gedung Asosiasi Atletik Prancis, perwakilan dari beberapa negara Eropa hadir dalam acara pembentukan FIFA. Perwakilan yang hadir pada kala itu adalah perwakilan dari Prancis yaitu Robert Guerin yang merupakan presiden pertama FIFA, dari Spanyol dalam hal ini diwakili oleh Real Madrid yaitu Andre Espir, Louis Muehlinghaus dan Max Kahn Belgia, Victor E Schneider Swiss, dan juga dari Belanda, dan Swedia.

Latar belakang berdirinya FIFA adalah pada saat itu di negara inggris tepatnya pada masa kepemimpinannya Raja Edward II dan juga pada masa Ratu Elizabeth I yang membuat peraturan untuk melarang keras olahraga sepak bola yang dikarenakan pada masa itu sepak bolah belum memiliki peraturan yang pasti, hal tersebut membuat parah pemain sering terlibat benturan fisik dan sering mengakibatkan pecahnya cendela rumah.

Akhirnya warga dunia penggemar olahraga sepak bola memiliki inisiatif untuk medirikan sebuah wadah yang bisa mempromosikan sepakbola ke seluruh dunia, melindungi hak-hak para pemain, serta mempertegas undang-undang dalam olah raga sepakbola baik dalam hal peraturan, tata tertib, dan lain-lain, maka karena itulah FIFA di dirikan sebagai induk organisasi sepak bola dunia.

Robert Guerin adalah salah satu pendiri dan sekaligus menjadi Presiden pertama FIFA yang menjabat selama dua tahun yang dimulai pada tahun 1904 sampai tahun 1906. dan kemudian di gantikan oleh Daniel Burley Woolfall yang menjabat selama 12 tahun (1906-1918).

Presiden FIFA selanjutnya adalah Jules Rimet selama 33 tahun (1921-1954), Rodolphe Seeldrayers semala 1 tahun (1954-1955), Arthur Drewry menjabat selama 6 tahun (1955-1961), Stanley Rous menjabat selama 13 tahun (1961-1974), João Havelange menjabat selama 24 tahun (1974-1998), Sepp Blatter menjabat selama 17 tahun (1998-2015), Gianni Infantino adalah presiden FIFA sekarang ini yang mulai menjabat pada tanggal 26 February 2016 setelah memenangkan pemilihan presiden FIFA.

Asosiasi Yang Bernaung dibawah FIFA


Badan yang tergabung dalam FIFA berfungsi bersama sebagai asosiasi-asosiasi regional yang bertugas memantau perkembangan sepak bola di berbagai belahan dunia. Terdiri dari enam asosiasi yang bernaung dibawah pengawasan FIFA. Keenam asosiasi tersebut adalah:

1. AFC (Asian Football Confederation)

Adalah badan pengatur olahraga sepak bola di bagian wilayah benua Asia, tidak termasuk negara Siprus dan Israel, tetapi mencakup sampai negara Australia. AFC mempunyai 47 negara anggota yang mayoritas negaranya berada di benua Asia.

Negara yang memiliki wilayah di benua Eropa dan Asia, seperti Turki, Kazakhstan, Azerbaijan, Georgia, dan Rusia, tergabung ke dalam asosiasi UEFA, sama halnya dengan negara Armenia, Siprus, dan Israel, yang seluruh wilayahnya terletak di benua Asia.

Di sisi lain, Australia, yang sebelumnya tergabung di asosiasi OFC, sekarang telah masuk dan bergabung sejak tahun 2006, dan kepulauan Oseania dari Guam, wilayah Amerika Serikat, juga merupakan anggota dari AFC. 

2. CAF (Confederation of African Football)


CAF adalah suatu organisasi atau asosiasi yang mewadahi sepak bola di benua Afrika, dan menyelenggarakan Piala Afrika yang dikenal dengan (African Cup of Nations) serta Liga Juara Afrika dalam bahasa inggris (African Champions League). Konfederasi CAF (Confederation of African Football) dibentuk pada tahun 1957, dan diwakili di Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1970.
 
3. CONMEBOL (Confederacion of Sudamericana Football)


CONMEBOL adalah wadah organisasi olahraga sepak bola negara-negara di wilayah bagian benua Amerika Selatan. Organisasi CONMEBOL didirikan pada tanggal 9 Juli 1916, sebagai hasil dari proyek Héctor Rivadavia Gómez dari kebangsaan Uruguay yang bertujuan untuk menyatukan olahraga sepak bola di benua ini.

CONMEBOL adalah bagian dari Fédération Internationale de Football Association (FIFA) dan bermarkas di Luque, Paraguay.

4. CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football)

CONCACAF adalah badan pengatur olahraga sepak bola di bagian wilayah benua Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia. Tiga negara Amerika Selatan yaitu Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis juga tergabung ke dalam CONCACAF.

CONCACAF didirikan pada pada tanggal 18 September 1961 di daerah Kota Meksiko, Meksiko oleh fusi dari NAFC dan CCCF, dan itu menjadi salah satu dari enam anggota konfederasi benua yang berafiliasi dengan FIFA.

5. OFC (Oceania Football Confederation)


Asosiasi OFC didirikan pada tahun 1966 dengan anggota Australia, Selandia Baru, dan Fiji sebagai negara-negara pendirinya. Pada tahun 1996, OFC telah diterima sebagai anggota dari organisasi FIFA dan pada tahun 1998, OFC meresmikan logo barunya. Pada 1 Januari 2006, Australia keluar dari OFC dan bergabung dengan asosiasi AFC. Selandia Baru menjadi wakil dari asosiasi OFC pada laga Piala Dunia 2010.

6. UEFA (Union of European Football Associations)

adalah badan administratif dan pengatur sepak bola di bagian wilayah benua Eropa. UEFA ini merupakan salah satu dari enam konfederasi benua dari badan sepak bola dunia FIFA. UEFA terdiri dari 54 anggota asosiasi nasional.

UEFA merupakan salah satu asosiasi olahraga sepak bola nasional Eropa, yang bertugas menjalankan kompetisi antar klub dan negara termasuk Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA, Liga Champions UEFA, Liga Eropa UEFA, dan Piala Super UEFA, mengatur semua peraturan, hak siar media, serta hadiah disaat adanya pertandingan.

Hingga tahun 1959 markas utama UEFA berlokasi di Paris ketika organisasi ini pindah ke Bern. Pada tahun 1995, Markas UEFA dipindahkan lagi ke Nyon, Vod, Swiss. Henri Delaunay adalah seorang Sekretaris Jendral pertama dan Ebbe Schwartz adalah seorang presiden pertama UEFA. Presiden yang memimpin saat ini adalah mantan pemain sepak bola ternama dari Perancis yaitu, Michel Platini.

Turnamen

FIFA melaksanakan kejuaraan-kejuaraan dalam olahraga sepak bola seperti :

Turnamen Pria

  •         Piala Dunia
  •         Piala Konfederasi
  •         Cabang olahraga sepak bola pria pada Olimpiade
  •         Piala Dunia U-20
  •         Piala Dunia U-17
  •         Piala Dunia Antarklub
  •         Piala Dunia Futsal
  •         Piala Dunia Sepak Bola Pantai
  •         Blue Stars/Piala Muda FIFA

    Turnamen wanita

  •         Piala Dunia Wanita
  •         Cabang olahraga sepak bolawanita pada Olimpiade
  •         Piala Dunia Wanita U-20
  •         Piala Dunia Wanita U-17

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang  Sejarah Terbentuknya FIFA - Federation Internationale de Football Association Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Terbentuknya FIFA - Federation Internationale de Football Association"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel