Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Sepak Bola Indonesia - Negara Pertama Yang Mewakili Asia di Piala Dunia


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Sepak Bola Nasional Indonesia, sepak bola merupakan olahraga yang paling populer hampir di seluruh penjuru dunia. Olahraga sepak bola dapat dimainkan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga paru baya, baik laki-laki maupun perempuan.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang sejarah Sepak Bola Nasional di Indonesia mari kita bahas bersama Lets Go......

Awal Mula Sepak Bola

Sepak bola pertama kali di perkenalkan oleh negara china pada abad ke 2 sebelum masehi, kala itu permainan sepak bola dimainkan menggunakan bola yang terbuat dari kulit hewan dan di giring menggunakan kaki untuk di masukkan ke gawang yang terbuat dari jaring.

Permaianan sepak bola semacam ini lalu ditemukan juga di negara-negara lain seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah sampai ke Mesir Kuno yang sudah memainkan sepak bola dengan memakai bola yang terbuat dari karet.

Kemudian terjadi peristiwa yang menarik dalam sejarah olahraga sepak bola, Yaitu pada masa Raja Edward di Inggris, sempat membuat peraturan yang melarang permainan sepak bola ini karena begitu seringnya terjadi tindakan kekerasan yang mengarah pada tindakan brutal karena tidak memiliki aturan yang begitu jelas di dalam permainan.

Tetapi pada tahun 1369 peraturan tersebut di cabut oleh raja Raja Edward III dan mengijinkan olahraga sepak bola kembali dimainkan di inggris.

Namun pada tahun 1572 Ratu Elizabeth I kembali melarang permainan sepak bola ini wilayah negara inggris .

Pelarangan tersebut dikeluarkan oleh ratu Elizabeth I tanpa adanya kompromi dengan menetapkan sanksi keras yang barang siapa memainkan sepak bola, maka akan dihukum penjara.

Sampai akhirnya angin segar berhembus kembali pada akhir tahun 1680-an. Raja Charless II segera mencabut larangan tersebut, sekaligus memberikan perlindungan kepada siapapun yang ingin memainkan olahraga sepak bola di Inggris.

Sejarah sepak bola modern dimulai di negara Inggris yang ditandai dengan berdirinya sebuah organisasi asosiasi sepak bola melalui pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada di Football Association Freemason’s Tavern (london-inggris).

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan olahraga sepak bola dunia, maka didirikanlah Federation International de Football Association (FIFA) di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904 yang merupakan organisasi sepak bola terbesar hingga saat ini.

Pada abad 800an, olahraga sepak bola mulai disebarkan oleh pedagang, pelaut dan tentara Inggris ke berbagai penjuru belahan dunia lainnya hingga ke wilayah Indonesia yang pada saat itu dikenal dengan Hindia Belanda.

Masuknya Sepak Bola ke Indonesia

Masuknya olahraga sepak bola ke indonesia tentunya tidak lepas dari peran negara lain yang menyebarkannya melalui perdagangan dan penjajahan.

Dalam sejarah sepak bola indonesia, negara china merupakan negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola ke indonesia dengan tujuan untuk menunjukan bahwa negara tirai bambu China tidak kalah unggul dibanding negara-negara di benua Eropa.

Olahraga sepak bola mulai populer di Indonesia pada tahun 1914 yang ditandai dengan banyaknya serikat atau klub perkumpulan sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga tionghoa yang pada saat itu Indonesia masih dijajah oleh pemerintah Belanda.

Bahkan pada tahun 1920 kompetisi antar kota di jawa hanya di juarai oleh dua tim atau di dominasi dua tim saja, yaitu Batavia City dan Soerabaja City.

kehebatan tim sepak bola indonesia kala itu sudah dapat bersaing di laga internasional piala dunia pada tahun 1938 di Perancis, dengan nama The Dutch East Indies yang kita kenal sebagai Hindia Belanda yang di karenakan indonesia pada waktu itu masih dalam pengaruh penjajahan bangsa Belanda.

Berdirinya asosiasi sepakbola Indonesia yang bertugas menaungi seikat atau perkumpulan sepak bola di Indonesia yang didirikan pada tahun 19 April 1930 di yogyakarta. PSSI berdiri sebelum Indonesi ikut serta dalam piala dunia 1938 di Perancis, sehingga menimbulkan perselisihan antara PSSI dan NIVU untuk memutuskan siapa yang berhak mengikuti piala dunia tersebut.

Saat itu PSSI yang di pimpin oleh Soeratin Sosrosugondo yang merupakan pendiri PSSI meminta untuk dilakukannya pertandingan antara PSSI dan NIVU untuk memutuskan siapa yang akan mengikuti kontes piala dunia.

Namun pihak dari FIFA langsung mengakui badan kerjasama PSSI dan NIVU sehingga nama yang dibawa ke Perancis bukanlah Indonesia, melainkan The Dutch East Indies atau Hindia Belanda meskipun mayoritas pemainnya terdiri oleh pribumi indonesia dari beberapa suku.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang  Sejarah Sepak Bola Nasional Indonesia Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

0 Response to "Sejarah Sepak Bola Indonesia - Negara Pertama Yang Mewakili Asia di Piala Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel