Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah, Definisi, dan Fungsi dari Komputer (PC) Lengkap

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah, Definisi, dan Fungsi dari Komputer (PC) Lengkap.

Hampir semua orang di indonesia sering mendengar kata komputer, karena komputer pada saat ini di era globalisasi sangat di perlukan manfaatnya untuk membantu menyelesaikan dan mempermudah pekerjaan manusia.

Pada jaman modern yang canggih seperti sekarang, komputer sudah sering dipergunakan diberbagai bidang pekerjaan diantara lain seperti di toko swalayan, kantor, bank, sekolahan, pertokoan, bahkan disewakan seperti rental warnet.

Bahkan sudah menjadi tren masa kini yang hampir setiap rumah memiliki perangkat elektronik komputer (PC) tersebut, baik komputer dekstop, Laptop maupun Notebook. Selain itu komputer memiliki fungsi sebagai sarana hiburan seperti bermain game, mendengarkan musik, dan menonton video.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang Sejarah, Definisi, dan Fungsi dari Komputer (PC) Lengkap mari kita bahas bersama Lets Go......

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Komputer merupakan sebuah
perangkat yang sangat penting saat ini untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari anda dengan cepat dan efisien, selain itu dengan ukuran dari komputer pada saat ini yang kecil sehingga mudah untuk dibawa-bawa.

Namun bila kita melihat ke beberapa dekade yang lalu mengenai sejarah perkembangan komputer, yang mana pada saat itu tidak secanggih seperti komputer pada masa sekarang ini, ukuran dari komponen komputernya pun terbilang sangat besar dan berat.

Sejarah perkembangan dari teknologi komputer dibagi menjadi lima generasi, dimana setiap generasi komputer ditetapkan berdasarkan teknologi pengembangan yang digunakan untuk menciptakan mesin komputer tersebut agar dapat beroperasi. Dari tiap teknologi pengembangan komputer ini menghasilkan komputer yang lebih kecil, murah, efisien dan tangguh.

Berikut adalah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Komputer generari pertama tahun 1940-1950 (Tabung Vakum)

Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors sebagai komponen dasar. Tabung vakum adalah material yang tidak efisien karena menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt untuk dapat bekerja.

ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang digunakan untuk umum dan dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum yang besar, yaitu berukuran 1800 kaki persegi dan memiliki berat yang mencapai 30 ton.

Komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin yang digunakan sebagai bahasa untuk mengoperasikan komputer tersebut, yang mana bahasa mesin merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar dan hanya dapat dipahami oleh mesin komputer.

Komputer generasi pertama ini memiliki kemampuan yang masih sangat terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu. Untuk melakukan proses input digunakan kartu berlubang atau "punched cards" dan juga memerlukan pita kertas. Output yang dihasilkan dari pemrosesan tersebut adalah sebuah bentuk print-out. Meski dengan fungsi yang dimiliki oleh komputer pada generasi pertama ini sangat terbatas, namun biaya yang diperlukan untuk proses pembuatan komputer generasi ini terbilang fantastis, yaitu memerlukan dana sekitar satu juta dollar.

Komputer generasi kedua tahun 1959-1965 (Transistor)

Penemuan teknologi transistor sangat berpengaruh pada perkembangan komputer. Penemuan transistor inilah yang menjadi awal kemunculan dari komputer generasi kedua. Teknology transistor menggantikan peran dari tabung vakum pada komputer generasi pertama, yang mengakibatkan ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis menjadi lebih kecil dan ramping.

Perkembangan dari teknologi transistor melambangkan peningkatan teknologi dimasa itu. Bila dibandingkan dengan komputer pada generasi pertama dengan teknologi tabung vakum, transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dan menghasilkan panas yang lebih sedikit, dan memiliki tingkat kegagalan yang cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan komputer generasi pertama yang dibuat dengan tabung vakum.

Teknologi transistor mampu menciptakan perangkat komputer yang kecil, cepat dan menghasilkan panas yang lebih sedikit dan juga memerlukan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan komputer pada generasi pertama.

Komputer yang menggunakan teknologi transistor pertama kali dibuat di University of Manchester yaitu pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor pada generasi kedua ini adalah komputer dari IBM dengan seri IBM 1401 pada 5 Oktober 1959, selain itu perusahaan IBM juga menciptakan drive pertama yang merupakan sebuah media penyimpanan pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

Pada komputer generasi kedua yang menggunakan teknoloi transistor ini juga mengalami perkembangan pada bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa mesin yang dulunya digunakan pada komputer generasi pertama kini digantikan dengan menggunakan bahasa assembly atau yang biasa juga disebut bahasa simbolik.

Hal ini berarti seorang programmer dapat memberikan instruksi dengan menggunakan kata-kata. Disaat yang sama bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan seperti bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Perubahan dalam bahasa pemrograman ini meberikan manfaat pada proses komputasi yang lebih cepat, akurat dan lebih mudah.

Komputer generasi ketiga tahun 1965-1971 (Sirkuit Terintegrasi)

Komputer generasi ketiga ini dimulai dengan penemuan Sirkuit terintegrasi atau Integrated Circuit (ICs), yang juga dikenal dengan sebutan mikrochip yang akan menggantikan teknologi transistor pada komputer generasi sebelumnya, dengan menggunakan ICs sebagai komponen komputer.

Teknnologi transistor pada komputer generasi ini telah di perkecil dan dibenamkan pada IC, yang dimana satu buah IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan kapasitor. IC pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik yang mana kemudian dianugerahkan hadiah nobel Fisika di Stockholm, Swedia sebagai tokoh pertama yang menemukan sirkuit gabungan.

Dengan penemuan Jack Kilby tersebut memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan dan efiesiensi dari sebuah proses yang dilakukan oleh sebuah mesin komputer, serta membuat komputer di generasi ketiga ini menjadi jauh lebih kecil dibanding generasi sebelumnya.

Komputer di generasi ketiga ini menjadikan komputer pertama yang dimana seorang pengguna mampu berinteraksi dengan menggunakan alat konsol seperti keyboard dan monitor dengan menggunakan interface sistem operasi, yang merupakan sebuah kemajuan yang sangat pesat apa bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang menggunakan kertas belubang sebagai hasil print out nya.

Hasil dari pengembangan teknologi ICs atau microchip tersebut, komputer pada waktu itu dapat dijangkau oleh masyarkat publik karena harganya yang lebih terjangkau dan ukuran yang lebih kecil sehingga lebih menghemat tempat.

Komputer generasi keempat pada tahun 1971-Sekarang (Microprosesor)

Komputer pada generasi keempat ini adalah komputer dengan microprosesor berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, yang didalam satu chip terdapat ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu komponen yang berukuran kecil.

Perkembangan komputer generasi keempat ini tidak terlepas dari Intel, yang merupakan salah satu nama perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004 Chip yang akan menjadi sebuah langkah awal pada perkembangan teknologi komputer yang kemudian akan menggantikan komponen komputer yang dulunya mencapai sebesar satu ruangan, kini hanya berukuran sebesar roti biskuit yang bisa digenggam oleh tangan.

Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakannya Graphical User Interface (GUI) yang merupakan sebuah antar muka pengguna berbasis grafis, mouse yang berfungsi untuk mempermudah pengguna untuk mengoperasikan kompter, dan kemajuan yang menakjubkan lainnya hingga menghasilkan sebuah komputer jinjing yang fleksibel bisa dibawa kemana-mana atau yang kita kenal dengan sebutan laptop.

Komputer Generasi Kelima, Sekarang - Masa depan (Kecerdasan Buatan atau AI)

Untuk mendefinisikan komputer pada generasi kelima ini merupakan hal yang cukup sulit, dikarenak komputer pada generasi kelima ini merupakan jenis komputer jenis baru. Pada komputer generasi kelima ini memiliki teknologi berdasarkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence atau AI, dan hal ini masih dalam tahap pengembangan.

Tujuan dari pengembangan komputer generasi kelima berbasis AI ini adalah untuk menghasilkan sebuah komputer yang mampu merespon dengan input suara yang kita ucapkan dan mampu meniru nalar manusia dan juga memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Jadi bisah dikatakan bahwa komputer pada generasi kelima sekarang ini akan memiliki kecerdasan buatan layaknya kecerdasan nalar pada manusia.

Definisi dan Fungsi dari Komputer

Definisi dari komputer adalah suatu perangkat alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data dengan prosedur yang sudah ditentukan oleh User atau pengguna. Kata komputer sendiri berasal dari kata compute yang berarti memliki makna menghitung. Jadi komputer pada awalnya digunakan untuk membantu sebuah perhitungan dalam bidang akuntasi, dan membantu untuk mempermudah kegiatan yang dilakukan manusia.

 Fungsi dari komputer adalah sebagai berikut :

  • Komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer sangat berperan penting dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari yang akan sangat terbantu sekali dengan adanya komputer ini. Sehingga pekerjaan lebih cepat selesai dan menghemat waktu. Misalnya, Untuk membuat Dokumen, melakukan perhitungan seperti untuk menghitung gaji karyawan dan sebagainya.
  • Komputer sebagai alat pengendali atau controling. Pada era modern saat ini komputer sangat di perlukan sebagai alat pengendali untuk mengontrol mesin, yang pada saat ini hampir sebagian pekerjaan dilakukan oleh mesin dan alat berat. Pada instansi besar seperti perhotelan, pabrik dan perusahaan, sekolah, rumah sakit kampus dan lain-lain, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan beberapa system seperti pengendali lampu lalu lintas, pengendalian jaringan, operasi elevator dan escalator, control mekanisme pabrik, pengatur kamera CCTV,  dan lain-lain.
  • Komputer sebagai alat hiburan. Komputer tidak hanya membantu pekerjaan manusia tetapi juga berfungsi sebagai alat hiburan di saat waktu luang, kita dapat mengghibur diri kita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada perangkat komputer. Misalnya, Memutar lagu yang kita sukai, menonton Film atau melihat video di youtub atau bermain Game bersama dengan teman atau keluarga.
  • Komputer sebagai sarana komunikasi. Dengan adanya sebuah komputer kita dapat Berbicara, chatiing, bahkan bisa melakukan video call dengan teman atau saudara kita menggunakan Webcam atau dapat mengirim pesan teks melalui email kepada mereka.
  • Komputer sebagai sarana Infomasi. Dengan komputer kita dapat mencari data-data informasi yang kita butuhkan, seperti mencari informasi tentang lalu-lintas di jalan, informasi pendidikan, informasi cuaca, bahkan untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan
  • Komputer sebagai sarana usaha, Komputer juga bisa digunakan untuk melakukan banyak usaha yang bisa mendatangkan penghasilan seperti, membuat rental komputer (Warnet), usaha percetakan, sablon, video editing, service komputer, bahkan kursus komputer.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang Sejarah, Definisi, dan Fungsi dari Komputer (PC) Lengkap Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah, Definisi, dan Fungsi dari Komputer (PC) Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel