Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Bangsa Funisia penjelajah yang tangguh dalam segala medan


Sejarah Bangsa Funisia Bangsa yang Gemar Berlayar, Berdagang, dan Menjajah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Bangsa Funisia, yaitu orang-orang yang hidup di wilayah Levant, pantai timur dari Laut Mediterania yang sekarang adalah wilayah Lebanon, yang dimana mereka berasal dari daerah Kanaan. Dengan laut berada di depan dan pegunungan di belakang punggung mereka, bangsa Funisia tidak tertarik untuk  bercocok tanam, tetapi bangsa Funisia menjadi bangsa yang gemar untuk berlayar. Selain itu bangsa Funisia merupakan bangsa pelaut terbesar pada zaman kuno dan menjadi bangsa yang memiliki kekuatan dagang maritim terbesar pertama di dunia selama berabad-abad.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang sejarah Bangsa Funisia mari kita bahas bersama Lets Go......

Pelayaran Bangsa Funisia

bangsa Funisia termasuk suku yang ulet dan pandai dalam melakukan perdagangan yang mendiami sekitar Lebanon da Suriah,sejak sekitar 2000SM,dan bangsa Funisia termasuk penjelajah yang tangguh dalam segala medan

Pada jaman itu bangsa Funisia sudah melakukan pelayaran hingga Spanyol dan mereka juga menggunakan abjad bangsa Yunani dalam belajar membaca,namun yang sangat mengherankan adalah bangsa Funisia hampir tidak meninggalkan jejak , dan para ahli sejarah hanya mengetahui dari lukisan dan ornament yang terlukis pada peninggalan bangsa Babylonia,Assyria atau Yunani.

Lalu daerah yang paling tangguh dalam koloni Funisia adalah wilayah yang bernama’’Chartago’’kota ini menurut dalam riwayat didirikan sekitar 800SM. dan membentang hingga Afrika utara dan juga Chartago mendirikan koloni di daerah Spanyol.

Penjelajahan Bangsa Funisia


Armada bangsa Funisia betul-betul menyinggahi setiap pelabuhah yang dilaluinya di sepanjang Laut Mediterania, bangsa Funisia perlahan menyebar ke wilayah barat dan membangun banyak koloni di sekitar daerah Laut Mediterania. 


Armada bangsa Funisia terus berlayar sampai Selat Gibraltar di Samudera Atlantik, berlabuh di pelabuhan-pelabuhan di wilayah Eropa utara dan menelusuri pantai wilayah Afrika barat. Ada orang-orang yang mengatakan bahwa bangsa Funisia sebetulnya sudah mencapai pantai timur Amerika. 

Koloni dari bangsa Funisia yang paling terkenal adalah Kartago berada di wilayah Tunisia, yang termasuk dalam wilayah Afrika utara, yang ditakdirkan menjadi salah satu kota mandiri paling berkuasa di seluruh wilayah Laut Mediterania. Koloni lainnya berada di Spanyol, Malta, Sisilia, Maroko, dan Sardinia. Kemudian, bangsa Funisia membangun koloni di Cadiz dan Tangier, serta mendirikan berbagai pos dagang di pantai barat Afrika.

Kemunduran Bangsa Funisia

Kemunduran Bangsa Funisia terjadi akibat pertikaian antara bangsa Funisia dan kekaisaran Romawi ,maka terjadilah perang besar yang tidak bisa dihindarkan. Perang panjang yang sangat melelahkan dan memakan begitu banyak korban jiwa dari kedua belah pihak, dalam peperangan tersebut pihak Funisia  di pimpin oleh panglima perang yang gagah berani yang bernama ‘’Hanibbal’’, dan para pasukan nya ini mampu mengalahkan pasukan Romawi yang terkenal handal dalam berperang.

Namun dikarenakan bansa Funisia saat itu kalah dalam tak-tik militer sehingga harus mengakui kekalahannya terhadap pasukan Romawi kala itu.sehingga pada tahun 146 SM,saat pertempuran menentukan Chartago bangsa Funisia benar-benar di luluh lantakan oleh pasukan Romawi hingga rata dengan tanah.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang berjudul tentang  Sejarah Bangsa Funisia penjelajah yang tangguh dalam segala medan Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel