Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Peninggalan Kerajaan Mataram kuno

Peninggalan Benda Bersejarah dari Kerajaan Mataram Kuno

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam buat kalian semua....

Kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan Mataram Kuno memiliki begitu banyak benda-benda peninggalan yang telah di temukan dan masih bisa kita lihat hingga saat ini.

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang sejarah kerajaan Kediri mari kita bahas bersama Lets Go......

Peninggalana Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno adalah kerajaan yang bercorak Hindhu-budha di nusantara atau yang sekarang ini kita sebut dengan Indonesia.  Kerajaan Mataram ini terletak di daerah Jawah Timur dan memiliki prasasti yang tersebar di daerah Jawa Timur dan Jawa Barat. Nama lain dari Kerajaan Mataram Kuno ini adalah Kerajaan Medang.

Kerajaan Mataram Kuno diperkirakan memiliki 3 masa dinasti yang pernah berkuasa di kerajaan ini, 3 dinasti tersebut ialah dinasti Senjaya, dinasti Syailendra, dan dinasti Isana. Dari ke tiga dinasti terbut, dinasti yang paling banyak menyumbangkan peninggalan bersejarah dari kerajaan Mataram Kuno adalah dinasti Senjaya dan dinasti Syailendra.

Dalam pembahasan kali ini peninggalan dari kerajaan Matram Kuno di kelompokan menjadi 2 bagian yaitu Candi dan Prasasti.

Candi peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno adalah sebagai berikut:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan Candi yang sangat terkenal di indonesia bahkan di dunia Internasional, dikarenakan Candi Borobudur ini termasuk dalam 7 keajaiban dunia. Candi Borobudur ini merupakan salah satu candi yang bercorak Budha, yang terletak di daerah Jawa Tengah lebih tepatnya di Jl.Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Candi Borobudur ini didirikan pada abad ke 8 Masehi atau sekitar Tahun 800 an pada saat masa kekuasaan Raja Samaratungga yang merupakan keturunan dari Dinasti Syailendra yang merupakan pemeluk agama budha.

Nama Borobudur diketahui pertamakali saat dituliskan dalam buku karya Sir Thomas Rafles dengan judul buku Sejarah Pulau Jawa dalam tulisan bahasa inggris BoreBudur sebagai tempat dimana Candi itu terletak yaitu di desa Bore.

2. Candi Sewu
Candi Sewu
Candi Sewu atau candi seribu yang memiliki arti seribu candi ini merupakan candi yang terbesar ke dua di daerah Jawa Barat setalah candi Borobudur, tapi disayangkan candi sewu tidak termasuk dalam 7 kejaiban Dunia seperti Candi Borobudur.

Candi Sewu ini merupakan salah satu candi yang bercorak Budha dari peninggalan kerajaan Mataram Kuno, yang didirikan pada abad ke 8 atau pada tahun 800 an. Candi Sewu Terledak Di Jawa Tengah Lebih tepatnya di Jl. Raya Solo - yogyakarta KM 15, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.

Candi Sewu sebenarnya hanya memiliki 249 candi tetapi masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Candi Sewu yang berarti seribu candi dalam bahasa Jawa, Nama Candi Sewu diperkirakan diambil dari kisah legenda Roro Jongrang yang akan di persyunting oleh Bandung bondowoso dengan syarat membangun seribu candi dalam waktu satu malam.

3. Candi Arjuna
Candi Arjuna
Candi Arjuna Merupan candi yang berbeda dari Candi Borobudur dan Candi Sewu yang bercorak Budha, Candi Arjuna adalah Candi Peninggalan Keajaan Mataram Kuno yang bercorak Hindu. Candi Arjuno terletak di Jawa Tengah, Lebih Tepatnya di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Di sekitar Candi Ardjuna di daerah Dataran Tinggi Dieng juga terdapat banyak candi lainya, nama- nama Candi tersebut dinamakan seperti nama Tokoh Pewayangan, Seperti Candi Bima, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

4. Candi Bima
Candi Bima
Candi Bima adalah Candi peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno yang bercorak Hindu, Candi Bima Terletak di Jawa Tengah, lebih tepatnya di desa Dieng kulon, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Candi Bima diperkirakan didirikan pada abad ke 7 sampai abad ke 13 Masehi, Bentuk desain dari Candi ini pada umumnya memeliki beberapa kemiripan dengan Candi-candi bercorak Hindu  yang Berada di negara india.

5. Candi Mendut
Candi Mendut
Candi mendut adalah Candi Peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno yang bercorak Budha, Selain memimiliki corak yang sama dengan Candi Borobudur, Candi Mendut juga terletak berdekatan dengan Candi Borobudur yaitu di daerah Magelang, Jawa Tengah.

Candi mendut didirikan pada masa kekuasaan Raja Indra dari keturunan Dinasti Syailendra pada abad ke 8 atau pada tahun 824. Candi Mendut terbuat dari batu bata yang di lapisi atau di tutup rapat menggunakan batu alam.

Pada sekitar dinding Candi Mendut terukir beberapa bentuk relif berbeda, diantaranya adalah relief brahmana dengan seekor kepiting, dan relief dua ekor burung betet yang berbeda.



Selanjutnya Halaman 2  Halaman 3 Halaman 4


0 Response to "Sejarah Peninggalan Kerajaan Mataram kuno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel