Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Sejarah Peninggalan Kerajaan Mataram kuno Halaman 2

Peninggalan Benda Bersejarah dari Kerajaan Mataram Kuno

6. Candi Puntadewa
Candi Puntadewa

Candi Puntadewa ini juga merupakan candi peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno yang bercorak Hindu, Candi Puntadewa ini terletak di Komplek percandian di daerah Bukit Tinggi Dieng. Nama Candi Puntadewa diambil dari nama tokoh pewayangan, seperti nama-nama candi lainya di komplek percandian ini yang menggunakan nama tokoh pewayangan sebagai nama candi.

Candi Puntadewa ini pada zaman dahulu digunakan oleh masyarakat sebagai tempat untuk menyembah dewa Siwa. Bentuk candi ini tidak terlalu lebar tetapi menjulang ke atas seperti sebuah menara yang membuatnya tampak kokoh. Umur candi Puntadewa ini menurut penelitian adalah lebih dari 1000 tahun.

7.  Candi Semar
Candi Semar

Candi Semar ini juga merupakan candi yang berada pada komplek percandian Bukit Tinggi Dieng, Candi Semar ini juga sama seperti candi yang lainya di komplek percandian bukit tinggi dieng, yaitu sama - sama bercorak hindu dan menggukanan penamaan tokoh pewayangan. Candi Semar ini teletak berhadapan langsung dengan Candi Arjuno.

Candi Semar adalah Candi yang terkcil  diantara candi - candi yang lain di komplek percandian Bukit Tinggi Dieng, dengan ukuran 3,5 M banding 7 M dengan atap yang berbentuk limas. Pada jaman dahulu candi ini digunakan untuk persembahan dan untuk menyimpan perlengkapan senjata.

8. Candi Gatotkaca

Candi Gatot Kaca

Candi Gatotkaca ini juga merupakan candi yang berada pada komplek percandian Bukit Tinggi Dieng, sama seperti candi yang lainya di komplek percandian bukit tinggi dieng, yaitu sama - sama bercorak hindu dan menggukanan penamaan tokoh pewayangan. Nama Gatotkaca diambil dari sebuah lakon tokoh peyangan yang bernama Gatotkaca yang memiliki kekuatan yang luar bisa seperti bisa terbang ke angkasa, dan memiliki julukan otot kawat tulang besi.

9. Candi Dwarawati
Candi Dwarawati

Candi Dwarawati merupakan candi yang berada pada komplek percandian Bukit Tinggi Dieng,

Candi Dwarawati merupakan candi peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno yang bercorak Hindu. Nama Candi Dwarawati memang tidak terlalu populer seperti candi Arjono, hal ini dikarenakan candi Dwarawati letaknya cupkup tersembunyi dan sulit di jangkau.

Candi Dwarawati diperkirankan di dirikan pada abad ke 8 atau sekitar tahun 800 an, candi Dwarawati ini digunakan sebagai tempat pemujaan. Dahulu di sekitar candi Dwarawati terdapat beberapa arca salah satunya adalah Archa Ganesha, Arca Agatsya dan Arca Dewi Durga yang pada saat ini tersimpan di museum Kaliasa.

10. Candi Sembrada
Candi Sembrada

Candi Sembadra merupakan candi yang berada pada komplek percandian Bukit Tinggi Dieng, Candi Sembadra merupakan candi peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno yang bercorak Hindu. Candi Sembadra letaknnya berdekatan dengan candi Arjuno, Semar, Srikandi, Puntadewa, yang lebih familiar di sebut dengan komplek Arjuna.

Nama Candi Sembadra diambil dari sebuah lakon tokoh pewayangan yang bernama Sembadra atau Dewi Sembadra adalah seorang tokoh perempuan yang di persyunting oleh Arjuna. Ukuran candi Sembadra tidaklah terlalu besar yaitu 4,75 M dan 5,50 M.



Kembali ke Halaman 1                                                      Selanjutnya Halaman 3  Halaman 4

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Peninggalan Kerajaan Mataram kuno Halaman 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel