Featured Post

Sejarah Lengkap Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalanya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Kehidupan Sosial, Politik dan Budaya, Nama Raja-raja Kerajaan Mataram Kuno Beserta Peninggalannya. ...

Peninggalan Kerajaan Kutai

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap

Assalamu'alaikum Wr. Wb....

Pada artikel ini akan membahasa tentang Peninggalan Kerajaan Kutai.

Peninggalan sejarah dari sebuah kerajaan sangatlah penting dikarenakan dapat di jadikan bukti bahwa kerajaan tersebut pernah ada, dan sebagai sumber informasi bagi para peneliti.

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang bercorak Hindu dan merupakan kerajaan tertuah yang berada di indonesia. Kerajaan kutai didirikan oleh Raja Kudungga dan berakhir pada masa kekuasan Maharaja Dharma Setia yang terbunuh dalam peperangan melawan Aji Pangeran Sinum Panji yang merupakan Raja dari Kerajaan Kutai Kartanegara.....

Oke untuk pembahasan lebih lanjut tentang peninggalan kerajaan kutai mari kita bahas bersama Lets Go......

Peninggalan Kerajaan Kutai


Peninggalan Kerajaan KutaiBerikut ini merupakan peninggalan-peningalan dari kerajaan kutai yang telah di temukan, dan telah di simpan sebagai sumber informasi dan penelitian.

1. Prasasti yupa

Prasasti Yupa merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kutai tertua
Dan dari prasasti yupa ini merupakan bukti sejarah dari Kerajaan Hindu di Kalimantan tersebut.
Ada 7 prasasti peninggalan kerajaan kutai yang merupakan prasasti Yupa yang masih bisa dilihat hingga kini.
Yupa merupakan tiang batu yang digunakan untuk mengikat kurban hewan atau manusia yang dipersembahkan kepada para Dewa dan pada Yupa tersebut terdapat tulisan yang dipahat.
Tulisan tersebut ditulis memakai bahasa sansekerta atau huruf Pallawa.

 2. Ketopong Sultan

Peninggalan yang ke 2 adalah Ketopong Sultan atau biasa di sebut dengan mahkota Sultan.
Ketopong Kerajaan Kutai ini terbuat dari emas dengan bobot 1.98 kg yang sekarang tersimpan di Museum Nasional Jakarta.
Ketopong Sultan Kutai ini ditemukan pada tahun 1890 di daerah Muara Kaman, Kutai Kartanegara, sementara yang dipajang di Museum Mulawarman merupakan Ketopong tiruan.
mahkota ini pernah dipakai oleh Sultan Aji Muhammad Sulaiman dari tahun 1845 sampai 1899 dan juga dikenakan oleh Sultan Kutai Kartanegara, selain terbuat dari emas, mahkota ini juga dilengkapi dengan permata.
 

3. Kalung Ciwa 

Peninggalan yang ke 3 adalah kalung Ciwa merupakan peninggalan dari Kerajaan Kutai yang berhasil ditemukan di masa pemerintahan Sultan Aji Muhammad Sulaiman pada tahun 1890 oleh salah satu penduduk sekitar Danau Lipan, Muara Kaman.

 
4. Kalung Uncal

Kalung Uncal merupakan kalung emas yang memiliki berat 170 gram yang dihiasi sebuah liontin yang berelief cerita ramayana.
Benda kalung yang merupakan benda peninggalan kerajaan kutai ini menjadi atribut dari Kerajaan Kutai Martadipura dan juga mulai digunakan oleh Sultan Kutai Kertanegara saat Kutai Martadipura berhasil ditaklukan.
Berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa nama dari Kalung Uncal merupakan bahasa yang berasal dari India (Unchele).
 

5. Kura-kura Emas

Peninggalan yang ke 5 adalah Kura-Kura Emas Kura-kura emas memiliki ukuran sebesar setengah kepalan tangan. Benda peninggalan ini ditemukan di daerah Long Lalang yaitu daerah disekitar hulu sungai Mahakam.
Berdasarkan riwayat, Kura-Kura Emas ini merupakan persembahan bagi putri kerajaan kutai, Aji Bidara Putih dari seorang pangeran dari kerajaan di China sebagai bukti kesungguhannya untuk mempersunting sang putri.

6. Tali Juwita

Peninggalan yang ke 6 adalah Tali Juwita Tali Juwita adalah salah satu peninggalan kerajaan Kutai yang yang mewakilkan simbol 7 muara serta 3 anak sungai yakni sungai Kelinjau, Belayan dan juga Kedang Pahu di Sungai Mahakam.
Tali Juwita ini dibuat memnggunakan 21 helai benang dan biasanya dipakai pada saat upacara adat Bepelas.

7. Keris Bukit Kang

Peninggalan yang ke 7 adalah Keris Bukit Kang Keris Bukit Kang merupakan keris yang digunakan oleh Permaisuri Aji Putri Karang Melenu yang merupakan seorang permaisuri Raja Kutai Kartanegara yang pertama.
Dari cerita legenda, sang permaisuri merupakan putri yang ditemukan pada sebuah gong yang hanyut di atas balai bambu dan di dalam gong tersebut tidak hanya ada seorang bayi perempuan, namun juga ada sebuah telur ayam dan keris yakni Keris Bukit Kang tersebut.

8. Pedang Sultan Kutai

Peninggalan yang ke 8 adalah pedang sultan kutai Pedang sultan kutai terbuat dari bahan emas padat dan pada bagian gagang diukir dengan gambar seekor harimau yang sedang bersiap untuk menerkam, sedangkan pada ujung sarung pedang berhiaskan seekor buaya. Saat ini pedang Sultan Kutai tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

9. Singgasana Sultan

Peninggalan yang ke 9 adalah Singgasana Sultan Singgasana Sultan menjadi peninggalan dari Kerajaan Kutai yang masih bisa dilihat hingga sekarang dan saat ini tersimpan dalam Museum Mulawarman. Singgasana ini dulunya dipakai oleh Sultan Ajim Uhammad Sulaiman, Sultan Aji Muhammad Parikesit dan juga beberapa raja dari Kerajaan Kutai sebelumnya. Pada singgasana Sultan ini juga dilengkapi dengan umbul-umbul, kelambu serta peraduan pengantin Kutai Keraton.

10. Kelambu Kuning

Peninggalan yang ke 10 adalah Kelambu kuning  Sesuai dengan namanya klambu kuning adalah sebuah kelambu atau kain yang berwarna kuning, yang di gunakan untuk menyimpan benda - benda yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Kutai.
Benda-benda tersebut dipercaya mempunyai kekuatan mistis oleh adat Kutai sampai sekarang, dan semua benda tersebut disimpan dalam kelambu kuning agar terhindar dari bala serta tuah yang dihasilkan. Beberapa benda yang disimpan dalam Kelambu Kuning ini diantaranya adalah Sangkoh Paitu, Gong Bende, Arca Singa, Tajau, Kelengkang Besi, Gong Raden Galuh dan juga Keliau Aji Siti Berawan.

11.Gamelan Gajah Prawoto

Peninggalan yang ke 11 adalah Gamelan Gajah Prawono Gamelan gajah prawoto ini sekarang disimpan pada Museum Mulawarman dan gamelan gamelan tersebut diyakini berasal dari Pulau Jawa.

12. Meriam Kerajaan Kutai

Peninggalan yang ke 12 adalah Meriam Kutai Meriam Kutai di gunakan sebagai senjata pertahan dari kerajaan kutai, meriam merupakan senjata pertahanan yang sangat kuat pada waktu itu. Meriam tersebut diantaranya Meriam Sapu Jagat, Meriam Gentar Bumi, Meriam Aji Entong, dan Meriam Sri Gunung.

13. Keramik Kuno Tiongkok

Peninggalan yang ke 13 adalah keramik kuno Keramik kuno diperkirakan berasal dari dinasti kekaisaran Cina yang ditemukan pada timbunan dekat Danau Lipan.
Ini menjadi sebuah bukti, jika Kerajaan Kutai dan juga Kekaisaran China sudah melakukan hubungan perdagangan yang bagus dari sejak dulu. Ratusan Keramik Kuno Tiongkok ini menjadi peninggalan dari Kerajaan Kutai yang disimpan pada ruang bawah tanah Museum Mulawarman Tenggarong, Kutai Kartanegara.

14. Tombak Kerajaan Majapahit

Peninggalan yang ke 14 adalah Tombak Kerajaan Majapahit Tombak Kerajaan Majapahit ini di temukan di muara kaman sejak dulu, hal ini membuktikan jika kerajaan kutai dan Kerajaan Majapahit pada masa silam memiliki hubungan yang sangat erat.

Demikianlah penjelasan dari artikel yang berjudul tentang Sejarah Kerajaan Kutai Semoga dapat bermanfaat.

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peninggalan Kerajaan Kutai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel